Gaya HidupKabar IslamiKabar SehatKiriman Pembaca

Demam Disertai Sakit Kepala, Jangan Mengeluh! Kenapa? Ternyata Ini Rahasianya

Wednesday, January 27, 2021, January 27, 2021 WAT
Last Updated 2021-02-03T10:16:46Z
Foto: Pict/search


Oleh: Ferawati

Dompu Siar - Suatu hari mama membelai kepalaku dengan lembut, "Kakak, masih sakit kepala sama demam, yah?"

"Masih, mak! Rasanya nyeri sekali. Gini bangat sih, Allah ngasih sakit nya, yang lain malah sakitnya sebentar dan cepat sembuhnya," keluhku sambil nangis dan mengerek.

Terus mama bilang, "Astaghfirullah, kakak 'nggak' boleh ngomong begitu. Biar bagaimanapun sakit itu sebagai penggugur dosa, harus ridho dong kakak."

"Emang kata siapa, Mak kalau sakit bisa menggugurkan dosa?" tungkasku.

Mama pun menjelaskan, "Nih, dengar yaa...?!"

Dalil yang menguatkan bahwa sakit itu bisa gugurkan dosa.

"Abu Darda radhiallahu anhu mengatakan, Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda :

«ان الصداع والمَليلة لا يزالان بالمؤمن وان كان ذنبه مثل أُحد حتى لا يدعان عليه من ذّنبه مثقال حبة من خردل» 

"Sesungguhnya sakit kepala dan demam akan senantiasa mengiringi seorang mukmin walaupun dosanya seperti gunung Uhud, sehingga keduanya (sakit kepala dan demam tersebut) tidak meninggalkan adanya dosa pada mukmin tersebut walaupun sekecil biji sawi." 

📚Uddatu Ash-Shabirin 136.

"... Begitu Kak, jadi mulai sekarang kakak gk boleh souzun sama Musibah yang Allah kasih." lanjut mama sambil menepuk lenganku dan berucap, "ma syaa Allah, ampuni kakak ya Allah udah berburuk sangka dengan musibah mu,"

Kemudian mama juga bilang, "Ada do'anya juga loh, kak."

Do'a ketika sakit kepala disebabkan oleh demam.

Do'a ini tercantum dalam sebuah riwayat yang tertulis dalam kitab Ibnu Sunni dari Sahabat Ibnu Abbas r.a, sebagaimana Imam Nawawi mengutipnya dalam Al-Adzkar, yakni:

 روينا في كتاب ابن السني عن ابن عباس رضي الله عنهما، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يعلمهم من الأوجاع كلها، ومن الحمى أن يقول بسم الله الكبير، نعوذ بالله العظيم من شر عرق نعار ومن شر حر النار 

 “Diriwayatkan kepada kami di kitab Ibnu Sunni dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah mengajari mereka terkait (penyembuhan) segala penyakit, dari demam dengan membaca;

 ‘Bismillāhil kabīri, a‘ūdzu billāhil ‘azhīmi min syarri kulli ‘irqin na‘ārin wa min syarri harrin nāri”.

Artinya: “Dengan nama Allah yang maha besar. Aku berlindung kepada Allah yang maha agung dari luka yang mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka”.

***

Walau ketika sakit, dosa kita digugurkan. Bukan berarti kita bebas berbuat dosa Shaliha, tetap jauhi dan taat kepada perintah Allah dan Rasulnya.

Jangan pernah merasa aman atas dosa dan pelanggaran yang dilakukan. Kelak berbalas di akhirat, bahkan bisa jadi bersegera menuai akibat di dunia.

Allah ta'ala juga berfirman,

‎مَن يَعۡمَلۡ سُوٓءٗا يُجۡزَ بِهِ

Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya ia akan dibalas sesuai kejahatan itu (QS. an-Nisa’ 123)

Imam Qatadah bin Di'amah rahimahullahu ta'ala berkata,

Tidaklah seseorang terkena goresan ranting maupun tersandung melainkan akibat dosa yang ia lakukan (Jami’ul Bayan 9/236 al-Qurthubi)

Apa yang harus dilakukan ketika anda sakit kepala saat demam?

Berikut beberapa tips alami untuk mengatasi sakit kepala disebabkan oleh demam.

1. Mengompres kepala dengan air panas atau es batu

Kebiasaan orang tua dari sejak zaman dulu, ketika anaknya mengalami demam disertai sakit kepala adalah mengompress kepala bagian kening dengan air panas atau air dingin. Cara seperti ini diyakini dapat menangani rasa sakit itu.

2. Memijat atau merenggangkan pelipis.

Di samping mengompress kepala, untuk meredam rasa sakit dan mengatasi demam bisa juga dilakukan dengan memijat bagian pelipis atau merenggangkan bagian tertentu yang menjadi aliran urat saraf. Sebagaimana di lansir dari laman dokter sehat.

3. Makan makanan yang mengandung magnesium.

Beberapa makanan seperti pisang, kentang, alpukat dan umbi-umbian mengandung magnesium. Kandungan ini dipercaya mampu mempengaruhi aliran darah yang ke otak yang menyebabkan demam dan sakit kepala.

4. Mengkonsumsi Kopi.

Bukan rahasia umum lagi, bahwa kopi dapat menyembuhkan sakit kepala bahkan demam itu sendiri. Kopi adalah obat sakit kepala alami yang dinilai cukup ampuh mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Manfaat kopi untuk mengobati sakit kepala dikarenakan minuman ini mengandung kafein. Karena itu kopi dapat menjadi alternatif pereda nyeri seperti acetaminophen. 

5. Beristirahat di ruang yang sunyi dan tenang.

Kebanyakan penyebab demam itu diakibatkan oleh rasa lelah karena aktifitas yang berlebihan di saat imunitas tubuh yang lemah. Ditambah lagi dengan pikiran yang banyak. Biasanya timbul karena banyaknya pekerjaan yang belum diselesaikan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mencari tempat yang sepi, jauh dari keramaian dan jauh dari suara-suara bising yang menyebabkan stress

Semoga bermanfaat!

SepekanMore