Iklan

Berburu PorangPetani PorangTanaman Porang

Punya Porang Siap Panen? Catat Nama-nama Perusahaan Ini, Siapa Tahu Bisa Di Kunjungi

Dompu Siar
, Saturday, February 27, 2021 WAT
Last Updated 2021-02-27T11:51:05Z
Porang


Info Bisnis, Dompu Siar - Apabila ada petani atau pengepul memiliki tanaman porang yang siap panen dan siap dijual. Namun, belum tahu tempat yang siap membeli porang-porang tersebut.

Melansir informasi di laman gemawilis(.)com, setidaknya ada 15 (lima belas) perusahaan berbentuk PT dan CV dan 2 (dua) tambahan industri penepungan Porang, Sabtu (27/2/2021).

Lengkap beserta dengan alamat lengkap yang bisa para petani dan pengepul catat. Nantinya bisa untuk referensi dan solusi saat mengalami problem dalam pemasarannya dan bisa dikunjungi kapan saja.

1. CV. Jia Li, Alamat : Surabaya, Jawa Timur.

2. PT. Paidi Indo Porang, Alamat : Giringan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

3. PT. Algalindo Alamat : Jalan Wicaksono 23 Gununggangsir, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

4. PT. Ambiko, Alamat : Jalan Melikan Kejapanan, Carat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

5. PT. Rajawali Penta Nusantara, Alamat : Jl. Raya Ambeng Ambeng No.KM, RW.17, Watangrejo, Ambeng Ambeng Watangrejo, Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

6. Prima Agung Sejahtera, Alamat : Jl. Kalianak Timur, Genting Kalianak, Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

7. PT. Asia Prima Konjac, Alamat : Desa Kuwu, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

8. CV. Agro Alam Raya, Alamat : Jalan Al-Hidayah I/24 Kaplaksari Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

9. Pabrik Penepungan Porang, Alamat : Templek, Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

10. PT. Anugrah Porangkaya Indonesia, Alamat : Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

11. CV. Porang Center Indo, Alamat : Sidomulyo, Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

12. CV. Sanindo Putra, Alamat : JL. Cijagra No. 22 Desa Cilampeni, Kabupaten Bandung, Jawa Timur.

13. PT. Siligati, Alamat : Desa Banjar asem, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali.

14. PT Tridanawa Perkasa Indonesia (TPI), Alamat : Makassar, Sulawesi Selatan.

15. PT. Jagat Raya Indonesia, Alamat : The City Tower, Jl. M.H. Thamrin No. 81, RT 01/06, Dukuh Atas, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat.

16. Serayu Agro Proccesing (SAP), Alamat : Serayu Karanganyar, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

17. Star Konjac Nusantara, Alamat : Semarang, Jawa Tengah.

Berbicara panjang lebar tentang Porang memang tak ada habisnya. Tanaman Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) memiliki nilai strategis untuk dikembangkan karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor. Pangsa pasar produk olahan porang dalam bentuk chips, tepung, glukomannan dan olahan porang siap saji sangat tinggi.

Menjadi tranding topic usaha suatu komoditas pertanian, ada kebiasaan banyak orang ikut mengusahakan juga termasuk budidaya Porang.

Menurut data dari otomasi IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian (Barantan) ekspor komoditas Porang tahun 2020 meningkat hingga 160%. Dan di prediksi akan terus meningkat setiap tahunnya, karena porang merupakan komoditas tanaman baru yang potensial untuk dikembangkan. Banyak produk yang menggunakan bahan dasar porang seperti produk farmasi, tepung, pangan, dan lainnya.

Terhitung 8.675 Ton porang telah terbang ke Tiongkok, Badan Karantina Pertanian ekspor ditahun 2020 merupakan yang terbesar sampai dengan oktober 2020. Tak hanya ke negeri China negara asia seperti Jepang, Thailand, Australia terhitung masih yang teratas dalam daftar peng import porang terbesar.

Mengingat begitu banyaknya orang ataupun petani yang menggeluti usaha budidaya Porang. Pengusahaan Agribisnis mulai mencium peluang membuka pabrik-pabrik pengolahan umbi Porang.

Prospek agribisnis dan agroindustri Porang diyakini akan masih bagus. Namun disadari persaingan bisnis ini terbilang cukup kuat, yaitu soal ketersediaan pasokan yang memadai dan harga. Mengingat persoalan klasik yang selalu di keluhkan setiap petani saat pemasaran yaitu saat panen dan produksi melimpah ruah, tapi pembelinya seakan hilang bak di telan bumi atau seakan mempermainkan harga.

Oleh sebab itu, pengetahuan para petani untuk mengetahui pabrik porang yang siap menampung hasil panen mereka. Ada lebih dari 10 pabrik tersebar di pulau Jawa hingga Sulawesi.

Itulah beberapa daftar pabrik Porang yang ada di Indonesia saat ini. Untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan di searching di Google Maps untuk mengetahui lokasi detail letaknya. Salam sukses untuk para petani Porang Indonesia. (Red)

SepekanMore