Iklan

APBDesBPDCamat ManggelewaDesa SukadamaiManggelewa

Gelar Rapat Penetapan APBDes, Pemdes Sukadamai Ingin Desa Yang Mandiri, Handal Dan Sejahtera

Dompu Siar
, Wednesday, March 17, 2021 WAT
Last Updated 2021-03-18T01:43:38Z
Rapat Penetapan APBDes Sukadamai, Manggelewa


Manggelewa, Dompu Siar - Setelah melalui tahap RKP dan tahapan-tahapan lainnya, Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Suka Damai, Kecamatan Manggelewa, Dompu menggelar Rapat Penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), bertempat di aula Kantor Desa Sukadamai, Rabu (17/3/2021) sekira pukul 10.0 Wita

Rapat yang bersifat terbuka itu, dihadiri oleh seluruh perangkat desa, unsur masyarakat, pendamping desa, pendamping Kecamatan dan dari unsur pemerintah Kecamatan Manggelewa sekaligus bertindak selaku pembina dan pengarah rapat. 

Dalam sambutannya, Kepala Desa Suka Damai, Mustanadi, S.Sos., berharap kepada forum agar mencermati, menganalisis dan menilai program yang diusulkan untuk diprioritaskan pekerjaannya di tahun ini. Berhubung Dana Desa Tahun 2021 ini sebagiannya digunakan untuk penanganan Covid-19.

"Dalam upaya mewujudkan desa yang mandiri, handal dan sejahtera, sebagai pemerintah desa saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk saling bahu membahu dalam membangun desa ini menuju arah yang lebih baik lagi," kata Mustanadi.

Gayung bersambut, Kasi PMD Camat Manggelewa, Ruslan, SE., ikut memperjelas alur pengunaan Dana Desa dengan tahapan tahapannya. Ia berharap dengan tegas agar Anggaran Dana Desa (ADD) itu dipergunakan sesuai mekanismenya.

"Untuk mewujudkan harapan kadesnya dan masyarakat tentu langkah awal antara lain mematangkan perencanaan dan mengalokasikan anggaran itu secara tepat," jelas Ruslan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPD Desa Suka Damai, Ilham H. Tahamed, ia mengatakan, tanpa dukungan dan kerja sama dari masyarakat tentu apa yang telah ditetapkan pada rapat tersebut tidak akan optimal. 

"Untuk itu, kita minta kerjasama dari forum untuk langkah awal, agar informasi yang telah menjadi hasil keputusan dalam rapat ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat dilingkungan masing-masing," beber Ilham saat dimintai komentarnya.

Ilham juga menambahkan, dengan peran serta masyarakat yang ikut mensosialisasikan hasil keputusan rapat, maka rencana seperti pembangunan desa dan lain-lain, mendapat dukungan yang lebih luas lagi dari berbagai komponen masyarakat yang ada di Desa Suka Damai.

Saat ditanya seputar program fisik yang akan digenjot lebih awal oleh pemerintah desa, Ilham mengungkapkan, akan memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana air bersih, sanitasi dan drainase serta sarana transportasi.

"Soal pembangunan fisik yang diprioritaskan untuk anggaran 2021 yaitu pembangunan sumur bor dalam, talud, rabat gang desa, jambanisasi dan sumber anggaran lebih banyak dialokasikan ke pemberdayaan masyarakat," pungkasnya. (Far)

SepekanMore