Iklan

AspirasiDinas PariwisataDompuInspirasiKemendikbudPelajarPendidikanPrestasi SiswaRirin Dwi AryantiWoja

Yuk, Intip 'Tas Cantik' Bikinan Murid Kelas 5 SD di Dompu, Ririn Dwi Aryanti, Ternyata Dari Kain Bekas

Dompu Siar
, Saturday, September 11, 2021 WAT
Last Updated 2021-09-11T09:38:48Z

Ririn Dwi Aryanti (Kiri) dan Kepala SDN 16 Woja
Ismiatih, S.Pd (Foto: Dompu Siar)


Dompu, Dompu Siar - Sebuah 'Tas Cantik' bercorak modern, hasil kreasi tangan Ririn Dwi Aryanti, siswi SDN Kelas 5 SDN No. 16 Woja, Kabupaten Dompu itu, ternyata berbahan dasar kain perca atau potongan kain bekas.

Kemampuan seni dan skill luar biasa untuk anak seusia Ririn, yang belakangan diketahui baru naik ke kelas 6 SD ini mampu mengantarkannya keluar sebagai juara Harapan Satu di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2021.

Kepala SDN No. 16 Woja, Ismiatih, S.Pd pada awak media ini mengaku bangga atas prestasi gemilang yang diraih oleh salah satu murid terbaiknya itu.

"Merasa senang sekali, siswa di sekolah kami mampu membawa harum nama Kabupaten Dompu, bahkan nama Provinsi NTB di tingkat Nasional," ujar Ismiatih saat ditemui wartawan di ruang kantornya, Kamis (9/9/2021) pagi.

Berikut penampakan 'Tas Cantik', buah kreasi tangan Ririn di ajang FLS2N di Cabang Seni Kriya Anyam, Tahun 2021 versi Pusat Prestasi Nasional.

1. Tampak Dari Depan

Ismiati dalam keterangan juga mengungkapkan, mengenai tahapan-tahapan yang dilalui oleh murid yang akrab disapa Ririn ini, hingga lolos ke babak final bersaing dengan para peserta di 33 provinsi se tanah air.

"Awalnya memang diseleksi dulu di tingkat kecamatan, baru ke tingkat kabupaten, sampai provinsi, dan dia lolos dengan mudah hingga ke tingkat nasional," ungkap wanita paruh baya yang baru menjabat sebagai kepsek selama 1.2 tahun di sekolah dasar ini.

2. Tampak Dari Samping

Mengenai persiapan sampai pada pelaksanaan kegiatan lomba, Ismiatih mengaku hanya membantu menyiapkan alat sederhana dan bahan seadanya.

Baca Juga : Wow, Ririn Dwi Aryanti, Siswi Kelas 5 SD di Dompu, Bikin 'Tas Cantik' Hingga Juara Terbaik Tingkat Nasional

"Alat-alatnya paling seperti, gunting, jarum, penggaris, dan alat penunjang lainnya. Sedangkan bahan, itu dari kain perca atau kain bekas yang dipilih khusus. Ririn sendiri yang mengerjakannya," imbuh Ismiatih.

3. Tampak Dari Bawah

Lanjutnya, setelah mempersiapkan diri mulai dari seleksi semua tahapan, pelaksanaan lomba dilaksanakan secara daring.

"Pelaksanaan lomba dilakukan secara daring dan dinilai langsung oleh Tim dari Pusat Prestasi Nasional, Ririn ternyata keluar sebagai Juara Harapan Satu," tutur Islamiatih.

4. Tampak Dari Atas

Sementara itu, Ririn Dwi Aryanti, didampingi Kepala Sekolah, Ismiatih, S.Pd., pada awak media juga mengaku senang dan tidak menyangka akan keluar sebagai peserta terbaik.

"Iya saya senang, bisa jadi juara," ujar Ririn sembari senyum sipu memelas.

Awalnya, awak media mengira bahwa Kriya Anyam ini, sebagiannya dibantu oleh tangan guru atau kepala sekolah, namun, ternyata murid yang bercita-cita ingin jadi dokter ini mengaku, bahwa Tas Cantik yang ia bikin itu diselesaikannya hanya dalam waktu yang relatif singkat, yakni 3 hari waktu senggang.

5. Contoh Kreasi Tangan Ririn Yang Lain

Di samping 'Tas Cantik', yang mengantarkan dirinya jadi sang juara, rupanya tangan ajaib Ririn, juga mampu menghasilkan karya kerajinan tangan lainnya, berupa tas duduk dari kartun yang dibentuk sedemikian rupa.

"Ini bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti, peralatan sekolah, bahkan bisa untuk menyimpan pakaian, dan lainnya," terang Ririn.

Terakhir, putri kedua dari tiga bersaudari, buah hati pasangan Syafrudin dan Rohana itu, sempat dinasehati oleh Kepala Sekolahnya, Islamiatih, S.Pd., agar tidak berhenti berkarya sampai ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

"Anak ini dapat juara 1 terus di kelasnya. Harapannya, agar dia terus tingkatkan belajar dan berprestasi sampai seterusnya," tambah Islamiatih. (Red)

Tonton Video Berikut!


SepekanMore