BanjirDompuInfo BanjirMusim HujanPeristiwa

Banjir Luapan di Dompu, Warga Curhat Hilang Kambing, Ayam hingga Bebek

Thursday, November 11, 2021, November 11, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-11T13:31:25Z
Kondisi Banjir di Sori Silo Komplek
(Foto: Netizen)



Dompu, Dompu Siar - Hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung dari pukul 15-17 Wita menyebabkan air Sungai Sori Silo meluap hingga merendam puluhan rumah di bantaran sungai pada tiga kelurahan tersebut. 


Akibatnya, puluhan rumah warga di kelurahan Kota Baru, Bali Satu dan Mantro Kabupaten Dompu, Provinsi Ntb terendam banjir, Kamis (11/11/21) sore waktu setempat.  


Beberapa Ternak Hilang Terseret Arus


Data sementara pada tiga lokasi terdampak, tidak ada korban jiwa. Sementara kerugian materi secara keseluruhan belum bisa ditaksir. Meski demikian, beberapa warga mengeluhkan ternaknya hilang terseret banjir. 


"Tadi saat banjir menerjang, 2 ekor kambing ternak yang saya ikat dipinggir sungai hilang  terbawa arus. Kerugian kurang lebih Rp. 3 juta. Selain saya, terdapat warga lain yang kehilangan ternak berupa ayam dan bebek," kata Ajiz salah satu warga Kelurahan Kota baru. 


Pantauan media ini pukul 18.29 Wita, satu jam pasca banjir surut. Puluhan warga pada ketiga kelurahan tersebut sedang melakukan bersih-bersih lantai rumah dari timbunan lumpur. Selain itu, terlihat tembok rumah salah satu warga dipinggir sungai ikut jebol dihantam banjir. 


"Tembok rumah saya ikut jebol, serta pakaian sekolah anak-anak juga ikut hanyut terseret banjir," tutur Ahmad Yusuf. 


Lebih lanjut Ahmad mengatakan, diperkirakan 30 lebih rumah di bantaran Sungai Sori Silo Kelurahan Kota Baru ikut terendam banjir. 


Disisi lain dia juga berharap bantuan  pemerintah, berupa makanan serta pakaian sekolah anak-anak yang ikut hanyut.


Sementara itu, satu jam pasca terjangan banjir, warga dibantu puluhan anggota Mako Brimob Dompu terlihat membantu memindahkan beberapa perabotan milik warga. 


Potret Banjir di Sori Silo Komplek, (Foto: Ist/Net/Doc)


"Tujuan kami datang ikut membantu meringankan penderitaan warga. Semoga yang kemi lakukan ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," jelas Bripka Idham, salah satu anggota Mako Brimob Dompu yang ikut membantu pada lokasi terdampak banjir Kelurahan Kota baru. 


Banjir yang berlangsung satu jam lebih itu juga menyebabkan puluhan rumah di tepian sungai Kelurahan Bali Satu, Kampung Ujung Pandang ikut terendam. 


"Kami baru selesai membersihkan sisa-sisa lumpur, sebab puluhan rumah disini juga ikut terendam," tutup Ramlin Kahir. (Fm)

SepekanMore