Iklan

Bank Sampah DigitalDinas Lingkungan HidupInfo SehatPemda Dompu

Bank Sampah Digital Kini Hadir di Dompu, DLH Lakukan Ini

Dompu Siar
, Thursday, January 27, 2022 WAT
Last Updated 2022-01-27T08:55:18Z
DLH Lounching Bank Sampah Digital



Dompu, Dompu Siar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan Lauching Bank Sampah Digital dan penyerahan drop BOX IOT MONTRASH pada Selasa (25/01/22) sekitar pukul 09.45 wita bertempat di Dinas LH Kabupaten Dompu NTB. Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Dinas Lingkungan Hidup dengan Mountras Avatar Indonesia.


Kadis LH Kabupaten Dompu, Jufri, ST, M.SI mengucapkan selamat datang kepada CEU FONDER MOUNTRSI di Kabupaten Dompu khususnya di Dinas LH. Kegiatan ini membahas tentang isu yang berkembang pada saat ini tentang perkembangan limbah atau sampah yang ada di wilayah Kabupaten Dompu.


Adanya isu tersebut, kata Jufri, kita sebagai bagian dari pemerintah tidak menutup mata dan telinga atas isu-isu yang meresahkan masyarakat pada saat ini khususnya di wilayah Kabupaten Dompu.


"Dengan adanya Lounching bank sampah digital ini bisa menyelesaikan permasalahan  tentang pengelolaan bank sampah baik di tingkat Desa, Kecamatan, maupun Kabupaten dan kami berharap dengan adanya kerjasama ini semua bisa berjalan dengan baik," ucap Bang Jeff.


Sementara CEU FONDER MOUNTRSI oleh Pimpinan MOUNTRSI Cabang Dompu, Roni Harianto menjelaskan, pembentukan Bank Sampah Induk Mountah Kabupaten Dompu ini dapat terselesaikan dengan baik yang sebentar lagi akan diresmikan CL Lepelt DE1024.


"Saya Gideon Wijaya Ketaren sebagai Direktur Utama IT Mountah Avatar Indonesia disini tentu memaksa berbahasa dan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari semua pihak lainnya dan pimpinan Daerah, sehingga proses pembangunan dan pembentukan Bank Sampah Induk Mountah Kabupaten Dompu ini dapat terselesaikan dengan baik, sebagaimana yang kita saksikan bersama," jelasnya.


"Harapan saya, Bank Sampah Induk Mountis Kabupaten Dompu ini dapat menciptakan revolusi mental terkait persoalan sampah secara berkelanjutan di Kabupaten Dampu. Berdirinya Bank Sampah Induk Mountrash, semoga bisa memberikan dampak positif terkelolanya sampah non organik dan organik melalui teknologi Moutrash, peningkatan pertumbuhan bank-bank sampah unit di Desa-Desa maupun Kecamatan, demi terwujudnya partisipasi masyarakat melakukan pilah sampah," harapnya.


Bupati Dompu, Kader Jaelani yang diwakili oleh Asisten I Setda Dompu, H. Burhan, SH menyampaikan, dalam rangka "LOUNCHING PROGRAM BANK SAMPAH DIGITAL", yang difasilitasi oleh pemerintah Kabupaten Dompu dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan mountrash avatar indonesia. 


Maka persoalan persampahan yang kita rasakan setiap saat semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk.


Aktivitas penduduk termasuk meningkatnya daya beli masyarakat, hal ini terjadi di semua tempat termasuk di Kabupaten Dompu, akibatnya volume sampah juga menjadi semakin meningkat. 


"Perihal permasalahan bahwa penanganan persampahan pada dasarnya dibagi menjadi 2 yaitu penanganan sampah dan pengurangan sampah dalam hal penanganan sampah saat ini, masih menggunakan paradigma lama yaitu sistem kumpul, angkut dan buang, sehingga sebagian besar penanganan persampahan seperti TPA dan sampah menjadi tidak efektif dan efisien," kata Bupati Dompu yang disampaikan H. Burhan.


Maka dari itu, ujar Bupati AKJ, upaya pengurangan sampah masih sangat kurang sekali dilakukan dimasyarakat dan masih melakukan pemilahan terhadap sampah dari sumber misalnya dari rumah tangga, kantor, tempat usaha, faktanya masih belum dilakukan secara menyeluruh. 


"Upaya pengurangan sampah harus terus digalakkan kepada masyarakat khususnya generasi muda, melalui lembaga pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi karena masalah persampahan bukan menjadi tanggungjawab pemerintahan," ujar Bupati Dompu.


Sementara Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar, A.Md,Par mengucapkan selamat datang kepada Dirut PT IOT MONTRASH untuk melakukan hubungan kerjasama dengan pihak LH Kabupaten Dompu yang ingin mengolah polusi sampah menjadi emas tentunya kita sebagai pihak Pemerintah Kabupaten Dompu memberikan support atas kerjasama ini.


"Kita berharap agar persoalan sampah ini menjadi persoalan kita semua dan kita berharap pengelolaan sampah ini bisa memberikan kontribusi untuk daerah kabupaten Dompu ini,"harap Ketua DPRD Dompu. (az)

SepekanMore