Berita Dompu TerbaruKader JaelaniKempoKesehatanPemda DompuPilar TBMSanitasi

Giliran di Kempo, Pemda Dompu Launching 5 Pilar STBM dan Gemar Assa Satu Cerias

Friday, June 17, 2022, June 17, 2022 WAT
Last Updated 2022-06-17T10:55:41Z
Giliran di Kempo, Pemda Dompu Launching 5 Pilar STBM dan Gemar Assa Satu Cerias


Pemda Dompu - Setelah Kecamatan Dompu dan Pekat, kini giliran Kecamatan Kempo mendeklarasikan Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dari keseluruhan 8 Kecamatan di Kabupaten Dompu.


Untuk capaian program STBM itu sendiri sedianya tuntas di tahun 2025 dengan berbagai upaya dan cara yang ditempuh salah satunya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.


Terkait program tersebut Bupati Dompu, Kader Jaelani dalam sambutannya mengatakan, realisasi dari 5 pilar STBM implementasinya harus melibatkan banyak sektor OPD/instansi baik itu vertikal dan horizontal agar bisa terwujud seutuhnya.


"Masyarakat yang sehat dan kuat dengan penerapan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mutlak diperlukan agar program pembangunan fisik dan sosial kemasyarakatan di wilayah Kabupaten Dompu bisa berjalan maksimal," katanya saat lounching program, Senin (14/6/2021).


Dijelaskannya, 5 pilar STBM itu yakni, stop buang air besar sembarang tempat, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga yang higenis, Pengelolaan sampah rumah tangga dan terakhir pengamanan limbah cair rumah tangga.


"Saya melihat penanganannya sudah cukup maksimal oleh Pemerintah dan warga masyarakat di Kecamatan Kempo. Hal ini dibuktikan dengan kesadaran masyarakat membersihkan lingkungan adanya warga yang sudah menghibahkan lahannya untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sehingga sampah tidak berserakan patut diapresiasi," ujar Bupati AKJ.


Di akhir sambutannya, Bupati AKJ mengucapkan selamat kepada Kecamatan Kempo karena telah berhasil sebagai Kecamatan yang sudah dapat mendeklarasikan 5 pilar STBM.


"tentunya hal ini bersinergi dan mendukung terwujudnya Dompu BERJASA (Jum’at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat)," imbuh AKJ.


Di tempat yang sama Camat Kempo, Drs. Budi Rahman melaporkan, selain lingkungan yang terjaga dengan penerapan pola hidup bersih lewat deklarasi STBM, memiliki korelasi dengan program “JARA PASAKA”.


Melanjutkan, Pemerintah Kecamatan Kempo selain jagung akan coba merubah mindset masyarakat untuk mau beternak sapi dan untuk pakan ternaknya akan ditanam rumput kualitas unggul.


“Hal ini akan terus kami upayakan agar masyarakat tidak lagi berfokus pada tanaman jagung akan tetapi ada usaha ternak sapi yang menurut kami lebih menjanjikan dan akhirnya kesejahteraan masyarakat lebih meningkat,"ucapnya.


Selain deklarasi 5 pilar STBM dan Pencanangan Dompu Berjasa, Bupati Dompu juga melaunching program Pemerintah Kecamatan Kempo, Gerakan Masyarakat Jum’at Bersih Bebas Sampah Sabtu Ceria di Sekolah (GEMAR ASSA SATU CERIAS).


Giliran di Kempo, Pemda Dompu Launching 5 Pilar STBM dan Gemar Assa Satu Cerias


Deklarasi berlangsung meriah, tertib dan lancar meskipun dibawah guyuran hujan deras tidak menyurutkan tamu undangan untuk mengikuti kegiatan deklarasi dan acara ikut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Pimpinan OPD, Camat dan Unsur Muspika, Kepala Desa Se Kecamatan Kempo, Pengurus PKK, tokoh Agama dan tokoh masyarakat. (AM/Ma)

SepekanMore