Iklan

Berita Dompu TerbaruDandim 1614/DompuForkopimdaKonflik Hu'uPemda DompuPolres DompuPT. Sumbawa Timur Mining

Forkopimda Dompu Sepakat Selesaikan Konflik Daha dan Hu'u Secara Restorative Justice

Dompu Siar
, Thursday, September 29, 2022 WAT
Last Updated 2022-09-29T12:48:44Z
Polres bersama Pemda dan Dandim Dompu Selesaikan Konflik Daha dan Hu'u Secara Restorative Justice


Polres Dompu - Aksi pemblokiran jalan oleh warga desa daha yang berimbas pada adanya tindakan pelemparan hingga melukai salah satu anggota Polres Dompu Aipda Syaiful yang berujung huru hara massa antar warga Desa Hu'u mengundang perhatian serius dari berbagai pihak.


Meski insiden tersebut tak berlangsung lama berkat kesigapan dan kerja keras personel Polres Dompu yang berupaya menengahi kedua kubu yang bertikai, namun tak cukup hingga Jajaran Kepolisian menggandeng Pemerintah Daerah dan TNI untuk sama-sama turun guna memastikan penyelesaian konflik tersebut dengan mengedepankan Proses Restorative of Justice.


Di hadapan berbagai unsur dan komponen warga kedua desa di Kantor Desa Hu'u, ketiga Forkopimda tersebut senada meminta agar penyelesaian konflik dilakukan secara damai dengan mengedepankan sisi kekeluargaan, Rabu (28/9/2022) sekira pukul 13.30 Wita.


Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Dompu, H. Sahrul Parsan, ST, MT dalam penyampaiannya mengingatkan bahwa warga desa Daha dan desa Hu'u kec. Hu'u masih ada hubungan saudara.


Namun, karena adanya pihak - pihak yang di rugikan akibat timbulnya permasalahan yang terjadi, Wabup mengajak agar sama-sama ambil solusi yang baik untuk menyelesaikan konflik yang terjadi.


Lebih lanjut, kata Wabup, apa yang di harapkan masyarakat desa Hu'u pihaknya telah menyampaikannya langsung dengan direktur PT. STM.


"Kami sudah menyampaikan agar PT. STM terbuka termasuk dalam penyaluran dana CSR harusnya atas pengetahuan pemerintah sehingga terarah kepada masyarakat," ujar Wabup memastikan.


Tak hanya itu, tambah Wabup, dalam rencana pembuatan MOU dengan PT. STM pihaknya mengaku sudah dirancang kemudian juga meminta masukan kepada masyarakat Kecamatan Hu'u untuk memberikan masukan tambahan untuk rancangan dalam MOU tersebut.


Sejurus dengan Wabub, Dandim 1614 Dompu, Letkol Kav Taufik, S.Sos, menegaskan bahwa di mana-mana, konflik itu hanya akan menimbulkan ketidakharmonisan di tengah masyarakat.


"Akibat dari kejadian ini, tentunya dirasakan oleh masyarakat itu sendiri," ujar Dandim.


Terlepas dari kondisi yang telah terjadi, jelas Dandim, diharapkan agar semua pihak kesampingkan hal yang telah berlalu kemudian pikirkan dengan hati yang tenang untuk menentukan sikap selanjutnya.


Sementara itu, Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.Ik., mengemukakan, bahwa unsur FKPD, TNI dan Polri saat ini sedang berupaya menciptakan kerja sama dengan pihak PT. STM sehingga mengurangi terjadinya permasalahan di masyarakat kab. Dompu.


"Untuk konflik yang terjadi kita jadikan sebagai pelajaran dan silaturahmi dalam menyamakan persepsi dalam hadirnya PT. STM," tutur Iwan.


Kapolres dalam hal ini penanggung jawab Kamtibmas, mengajak semua pihak untuk sama-sama saling menjaga, mengedepankan disi kekeluargaan agar tidak lagi terjadi hal yang tak diinginkan.


"Pelaku pelemparan terhadap anggota sudah kami tangkap dan diamankan ke polres Dompu untuk diproses lebih lanjut," beber Kapolres.


Kapolres meminta, setelah kedua belah pihak berkomitmen untuk berdamai maka ke depan langkah restoratif justice akan terus dipupuk untuk kebaikan bersama.


Di samping itu, Kapolres juga menambahkan bahwa pihaknya akan terus berupaya secara maksimal untuk melakukan perbaikan baik di jajarannya juga menghadirkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.


"Kami menyadari banyak kekurangan dari aparat penegak hukum, ke depan apabila ada oknum anggota Polres Dompu yang menyelesaikan permasalah tidak berkeadilan maka laporkan langsung kepada Propam Polres Dompu agar di proses," pungkas Kapolres.


Adapun kesimpulan dari pertemuan dengan masyarakat Desa Hu'u, di siang hari yang cukup terik itu, seluruh warga bersedia untuk melakukan perdamaian dengan masyarakat desa daha dengan catatan ke depan masyarakat Desa Daha juga tak lagi membuat gangguan kamtibmas seperti yang telah terjadi.


Hadir saat proses penuntasan perdamaian konflik antara sekelompok warga Desa Hu'u dan Desa Daha tersebut, antara lain Sekda Dompu Gatot Gunawan Putra., S. Km., M. Kes, Camat beserta Kades Hu'u, Toga, Toma dan Toda Desa Hu'u sekitar 50 orang. (Far)

SepekanMore