Iklan

Cek KTP OnlineCek NIK OnlineDinas DukcapilEmailHalo DukcapilInfo TeknoSmart PhoneSMS CenterTwitterWhatsapp

Sekarang Lebih Mudah, Cek NIK atau KTP Bisa Online, Tak Harus ke Kantor Dukcapil

Dompu Siar
, Thursday, January 05, 2023 WAT
Last Updated 2023-01-06T00:24:44Z
Ilustrasi 


Dompu Siar - Kemajuan teknologi terutama digitalisasi memang memberi kemudahan untuk komunikasi sekaligus menjadi referensi, apalagi ketika butuh validitas atau kebenaran NIK seseorang.


Belum lagi bagi yang mengusulkan perubahan data, apakah sudah berubah ataukah belum. Misalkan si A, telah mengajukan pindah dari kota asal ke daerah tujuan, bisa dicek melalui platform debutan Dukcapil ini.


Setidaknya ada 5 cara cek NIK KTP secara online tanpa harus ke Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota dan berlaku di seluruh Nusantara. 


1. Call Center Halo Dukcapil


Pertama siapkan ponsel berisi pulsa, KTP dan atau Kartu Keluarga, kemudian, call center Halo Dukcapil melalui nomor 1500537


Berhubung panggilan ini tidak bebas biaya, maka anda perlu mengisi pulsa agar bisa terhubung dengan call center dukcapil.


2. Via SMS Center 


Apabila anda khawatir kehabisan pulsa atau pulsa tidak cukup untuk menghubungi call center Dukcapil, maka coba langkah kedua, yakni melalui pengiriman pesan.


Cukup dengan mengetik Cek#KTP#NIK dan kirim ke nomor SMS Centre Dukcapil : 081536369999.


Catat dan ingat atau simpan Nomor SMS center tersebut ke dalam daftar kontak anda untuk memudahkan sekaligus diingat kembali.


3. Melalui WhatsApp


Langkah pertama dan kedua mungkin perlu biaya pulsa, tetapi langkah ketiga ini butuh data internet untuk menghubungi Dukcapil melalui WhatsApp.


Dukcapil juga sudah menyediakan nomor layanan WhatsApp untuk dihubungi, lalu mengisi infomasi yang dibutuhkan agar bisa direspon oleh layanan.


Halaman: 

   <<<   (1)    (2)   >>>      Show All

SepekanMore