Iklan

BabinkamtibmasInspirasiPekatPolsek Pekat

Instalasi Pipa Di Dam Patah, Angkat Topi Untuk Polsek Pekat

Dompu Siar
, Monday, February 08, 2021 WAT
Last Updated 2021-02-15T14:26:35Z

Suasana Normalisasi Perpipaan, Pekat


Pekat, Dompu Siar - Banjir akibat curah hujan tinggi yang melanda kawasan Pekat beberapa hari lalu, nyaris menghantam pipa penyalur air dari Mata Air Dam Latonda I Timur menuju rumah-rumah warga. 

Akibatnya, instalasi perpipaan mengalami kerusakan cukup serius (patah). Imbasnya, suplai kebutuhan air bersih di Desa Pekat dan Desa Calabai Kecamatan Pekat, terganggu.

Mengetahui hal itu, Kapolsek Pekat beserta  jajaran bertindak cepat menuju lokasi, Senin, (8/2/2021) sekira pukul 09.00 Wita.

"Setelah mendapat laporan dari warga dan berkoordinasi dengan pihak desa, anggota langsung bergerak bersama mendatangi lokasi kerusakan," ungkap Kapolsek Pekat, Ipda Muh. Sofyan, S.Sos,.

Kapolsek menambahkan, akibat rusaknya pipa tersebut, ratusan rumah di Desa Pekat tidak mendapatkan pasokan air. Untuk itu pipa tersebut perlu dilakukan normalisasi atau perbaikan.

"Setelah dilakukan pengecekan bersama, ternyata pipanya patah dan dibiarkan lebih 2 (dua) pekan tanpa ada tindakan" jelas Kapolsek.

Tanpa menunggu lama, lanjut Kapolsek, dengan persediaan alat dan bahan seadanya, anggota personil bersama staff desa, langsung lakukan perbaikan.

"Pipanya diganti! Di samping itu, juga dilakukan penggalian kemudian dicor untuk mengantisipasi hantaman arus, jika sewaktu-waktu banjirnya datang lagi, terangnya.

Terkait pasokan air pasca dilakukan normalisasi, Kapolsek memastikan, air kembali dapat tersalurkan dan dapat digunakan sebagaimana biasanya. 

"Persediaan air di mata air ini, bisa sampai musim kemarau. Bahkan sampai musim hujan yang akan datang," pungkasnya. 

Tidak hanya itu, Kapolsek ingatkan terutama bagi masyarakat, khususnya di Desa Pekat dan Desa Calabai. Perlu untuk dihimbau  agar dapat menjaga dan merawat instalasi perpipaan tersebut.

"Kalau masyarakat benar-benar butuh akan air, mudah-mudahan dapat memeliharanya, termasuk keberadaan lingkungan di sekitar dam ini," harap Kapolsek. (ds-sb)

Tonton Video Berikut!



SepekanMore