AspirasiDesa SoriutuInspirasiManggelewaPelajarPendidikanSDN 6 Daun

Keren, Sekolah Tutup Karena Covid-19, Siswa SD Di Manggelewa Ini Buka Sekolah Sendiri

Monday, February 22, 2021, February 22, 2021 WAT
Last Updated 2021-04-05T10:26:20Z

Suasana Belajar Di SDN 6 Daun, Manggelewa


Manggelewa, Dompu Siar - Entah apa yang ada di pikiran Sila Salsabila (12) dan Nina Ulfa Ariani (12) siswa kelas 6 di SDN 11 Manggelewa. Di saat aktifitas sekolah ditutup akibat pandemi Covid-19, justru keduanya menginisiasi membuka sekolah sendiri.

Informasi mengenai anak-anak hebat ini, dikonfirmasi oleh Satria Irawan, tokoh pemuda setempat pada awak media, kebetulan ketemu di sebuah kedai kopi seputaran Cabang Manggelewa, Kecamatan Manggelewa. 

Sekolah Apa Yang Mereka Bangun?

"Unik, luar biasa. Kami takjub. Jangan bayangkan kalau sekolah yang saya maksudkan ini, berupa ruangan yang disertai pernak pernik dan aksessoris belajar yang bagus. Mereka memberinya nama, SDN 6 Daun" ungkap Satria Tokoh mengawali kisahnya, Sabtu (20/2/2021) sekira pukul 21.00 Wita.

Bagaimana Aktifitas Belajarnya?

Satria mengaku, saat dirinya bertemu sekumpulan anak-anak itu, dia sempat kaget, melihat seorang anak SD berdiri di depan temannya yang lain. Persis seperti seorang guru yang sedang mengajar. 

"Sila dan Nina, mengumpulkan adik-adiknya sekitar 6 hingga 7 orang. Keduanya mengajar secara bergantian. Satunya mengajar bahasa inggris, yang sulit gitu. Satunya lagi Matematika. Jadwal sekolahnya pagi dan sore hari," jelas Satria.

Sayangnya, Satria mengaku tidak sempat mengabadikan moment itu dalam bentuk video dikarenakan waktu keburu maghrib dan ada kerjaan mendadak. Keduanya hanya menghadiahkan gambar awal pada media ini.

SDN 6 Daun Dusun Samada, Soriutu

"Saya waktu itu berdua dengan teman saya, Ovan, kebetulan sepupu dari si Sila. Kami berdua menyaksikan langsung bagaimana mereka belajar," ujarnya.

Dari informasi singkat Satria Irawan salah satu pemerhati pendidikan Manggelewa, Misnur ikut merasa penasaran hingga ia memutuskan untuk pergi ke tempat SDN 6 Daun, ke esokan harinya. tepatnya di Dusun Samada, Desa Soriutu, Kecamatan Manggelewa, 

"Saya sarankan teman-teman media, jalan-jalan ke sana untuk menyaksikannya langsung. Jadwalnya Pagi dan Sore. Bahkan tidak ada hari liburnya, kecuali terjadi Hujan, baru mereka bubar," pungkas Satria. (Red)

Selanjutnya >> SDN 6 Daun Manggelewa Milik Siswa SD, Di Kelilingi Persawahan Hingga Tak Ada Hari Libur

SepekanMore