PencurianPolsek ManggelewaTindak Kejahatan

Marak Tindak Kejahatan, Warga Manggelewa Dihimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Sunday, February 21, 2021, February 21, 2021 WAT
Last Updated 2021-02-22T05:56:21Z


Kapolsek Manggelewa, Iptu Rodolfo M. De Aroujo


Manggelewa, Dompu Siar - Sebut saja namanya Suharti (16) remaja asal Desa Tanju, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu tak mampu sedih saat mengetahui 2 (dua) unit handphone miliknya digasak maling yang memasuki rumahnya, Kamis (18/2/2021) sekira pukul 23.00 Wita.

Kapolsek Manggelewa, Iptu Rodolfo M. De Aroujo, dalam keterangannya mengungkapkan, saat kejadian 2 (dua) unit Handphone milik korban, dicharge lalu diletakkan di atas meja. Sementara keduanya berangkat tidur. 

"Kemudian maling tersebut dengan leluasa masuk ke rumahnya karena pintu rumah tidak terkunci dengan baik. Saat itu  kedua orang tua korban, menginap di lahan jagung," ungkap Kapolsek.

Ketika terbangun, lanjut Kapolsek, "korban tidak mendapati Handphone miliknya dan langsung melaporkan kejadian ke SPKT Polsek Manggelewa."

Menindaklanjuti laporan korban, Kapolsek langsung memerintahkan Anggota Piket Aiptu Sahrir dan SPKT Aipda Sulaiman agar segera melakukan penyelidikan di TKP, Jum'at (19/2/2021).

"Anggota piket didampingi oleh Babinkamtibmas Desa Tanju, Bripka Arham turun meninjau tempat kejadian kemudian dibuatkan laporan pengaduan," terang Kapolsek. 

Terkait hal serupa, Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah hukum Polsek Manggelewa, agar senantiasa waspada.

"Akhir-akhir ini marak terjadinya aksi pencurian. Mengingat keadaan ekonomi sedang dilanda musim paceklik jelang masa panen. Ditambah lagi karena faktor pandemi Covid-19 yang mempengaruhi kondisi ekonomi warga," beber Kapolsek. 

Untuk itu, tambah Kapolsek, ia meminta agar masyarakat terlibat aktif meningkatkan penjagaan terhadap keamanan dan ketertiban, guna mewaspadai timbulnya aksi-aksi kejahatan seperti pencurian, penjambretan, perampokan dan lain sebagainya.

"Bila perlu, dibangun poskamling di setiap dusun yang ada di desa agar masyarakat bisa terlibat melakukan patroli terutama pada malam hari. Jika ditemukan aksi kejahatan, segera laporkan ke petugas," tandasnya. 

Menurut Kapolsek, kejahatan itu terjadi tidak selamanya karena niat pelakunya, melainkan lebih banyak aksi mereka berhasil karena adanya kelalaian masyarakat itu sendiri.

"Semoga masa pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga masyarakat dapat aktif kembali seperti biasa agar sama-sama menangani persoalan sosial yang ada," pungkas Kapolsek. (Rif)

SepekanMore