Iklan

BanjirBencana AlamDompuPeristiwa

Tiga Lokasi Sekaligus Diterjang Banjir Di Dompu

Dompu Siar
, Tuesday, February 23, 2021 WAT
Last Updated 2021-02-23T18:07:03Z

Lokasi terparah diterjang Banjir, Dompu


Dompu, Dompu Siar - Hujan deras yang turun dengan intensitas yang cukup tinggi melanda Wilayah Kecamatan Dompu dan sekitarnya, praktis membuat Daerah Aliran Sungai (DAS) Sori Silo dan Sungai Raba Laju tidak mampu membendung arus banjir.

Akibatnya, banjir tersebut meluap hingga menggenangi pemukiman warga, Lingkungan di Kampung Samporo, Lingkungan Bali Timur, Kota Baru dan Mantro, Kelurahan Bali Satu, Kecamatan Dompu, Selasa (23/2/2021) sekira pukul 18.10 Wita.

Mendapat laporan warga, jajaran Polsek Dompu dipimpin oleh Kapolsek, Aipda I Kadek Suadaya, langsung turun melakukan monitoring, mengidentifikasi rumah-rumah warga yang terdampak cukup parah hingga membantu warga melakukan evakuasi terhadap barang-barang milik warga.

Dari hasil pantauan di lokasi, kondisi tanggul yang relatif lebih rendah, menjadi salah satu pemicu arus banjir sehingga dengan mudah meluap masuk ke pemukiman warga. 

Sementara itu, ketinggian luapan air di perkirakan, setinggi paha orang dewasa dan air yang meluap menggenangi hingga masuk kedalam sebagian rumah warga. 

Terkait dengan dampak pihak Polsek Dompu tengah melakukan identifikasi maupun pendataan awal untuk mendapatkan data terkait dengan jumlah rumah yang rusak parah, juga berkaitan dengan tingkat kerugian yang diakibatkan oleh bencana banjir ini.

Hingga sekira pukul 19.54 wita, debit air masih mengalir, menggenangi bahkan sampai ke akses jalan, gang dan pekarangan rumah warga meskipun sudah mulai surut.

Di sisi lain, warga tampak membersihkan sisa lumpur dan mengatur kembali barang-barang yang sempat dievakuasi saat bencana banjir melanda 3 (tiga) lingkungan di Kelurahan Bali Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. 

Pada saat yang sama, Kapolsek Dompu mengeluarkan himbauan, agar warga tetap waspada akan datangnya banjir susulan, wabah penyakit, hingga berkaitan dengan ancaman berupa tindakan kriminal seperti pencurian, perampokan dan sejenisnya. (Hd)

SepekanMore