Iklan

Desa SukadamaiGotong RoyongKerja BhaktiManggelewa

Giat Kerja Bhabkti, Kades Sukadamai: Jadikan Kebudayaan Itu Sebagai Identitas

Dompu Siar
, Saturday, March 27, 2021 WAT
Last Updated 2021-03-28T04:05:11Z
Giat Jum'at Bersih, Manggelewa



Manggelewa, Dompu Siar - Sudah jadi rutinitas antara Pemerintah Desa Suka Damai dan Bhabinkamtibmas dalam membangun kebersamaan melalui kerja bhakti bersama warga masyarakat. 

Salah satu contoh, tampak pada saat gelaran "Jum'at Bersih" yang kompak dilaksanakan dengan melibatkan para tokoh dan pemuka se Desa Sukadamai.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa, Mustanadi, S.Sos., pada media ini, Sabtu (27/3/2021) sore waktu setempat di kediamannya. 

"Ini merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa, yakni kerja bakti," ungkap Mustanadi. 

Menurutnya, segala pekerjaan atau kegiatan apapun, akan tampak semangat apabila secara bersama-sama.

"Tidak hanya bersih-bersih di hari Jum'at, membangun infrastruktur dan pelaksanaan kegiatan lain juga, warga di sini selalu kompak," tuturnya. 

Dalam pelaksanaanya, kata Mustanadi, selain lingkungan sekitar masjid, warga bersama staf ditemani oleh Bhabinkamtibmas juga menyisir lokasi sekitar parit dan jalan raya. 

"Alat pembabatan seperti mesin potong rumput, sabit, bahkan konsumsi kita sudah siapkan. Anggota tinggal kerja," jelasnya.

Untuk Jum'at kemarin, lanjut Mustanadi, kegiatan yang dimulai pukul 08.00 pagi itu, mampu menyisir 2 (dua) dusun sekaligus.

"Setelah Tempat Ibadah (Masjid) yang kita lanjut keliling dua dusun yakni di Dusun Jambu Mente dan Dusun Samakai," tandasnya.

Sasarannya, terang Mustanadi, Kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. 

"Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekertaris Desa Suka Damai, Maswan, S.Pdi., ia mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan bersih-bersih ini agar menjadikan Desa Suka Damai selalu asri dan nyaman bagi kita semua. 

Mengingat, katanya, karena di musim hujan seperti ini banyak penyakit yang timbul. Sehingga dengan mengadakan kegiatan seperti ini, sedikit tidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor.

“Selain untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat khususnya di Desa Suka Damai ini” pungkas Maswan. (Far)

SepekanMore