Iklan

Camat ManggelewaManggelewaPendidikanPramuka

Kwatir Ranting Gerakan Pramuka Manggelewa Gelar Upacara HUT Pramuka ke-60

Dompu Siar
, Friday, August 13, 2021 WAT
Last Updated 2021-08-16T00:43:12Z
Kwatir Ranting Gerakan Pramuka Manggelewa Gelar Upacara HUT Pramuka ke-60


Manggelewa, Dompu Siar - Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pramuka ke-60, Kwartir Ranting Manggelewa melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang digelar secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Camat Manggelewa selaku Ka Mabiran Kwatir Ranting Manggelewa di Lapangan Transad Desa Doromelo Kec. Manggelewa Kab. Dompu, Sabtu (14/8/2021) sekira pukul 09.30 Wita.

Camat Manggelewa, Drs. Ismail, Saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional, menyampaikan bahwa, Gerakan Pramuka memang bukan merupakan organisasi bantuan sosial.

Namun, sebagaimana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

Hai itu katanya, sejalan pula dengan arahan Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dalam Hari Pramuka tahun lalu, agar para pramuka melaksanakan dua gerakan. 

Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama.

“Kedua gerakan tersebut masih sangat relevan hingga saat ini, sehingga saya mengajak para pramuka di mana pun berada, untuk mewujudkannya dan memadukan dengan slogan yang merupakan inti tema Hari Pramuka kita, yaitu “Pramuka Berbakti Tanpa Henti,” ungkapnya

Kegiatan berbakti ini menurutnya, dapat dilakukan di mana saja, dimulai dari lingkungan keluarga dan gugus depan masing-masing, lalu berbakti pula membantu masyarakat," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kwartir Ranting Manggelewa terpilih, Abdul Haris, S.Pd di wawancarai oleh awak media ini juga menyampaikan kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus mengkhawatirkan, telah membuat banyak orang terkena dampaknya. 

Begitu pula di lingkungan Gerakan Pramuka, banyak kegiatan yang terpaksa terhenti, termasuk kegiatan latihan tatap muka di gugus depan Pramuka.

“Namun, kita tak boleh menyerah dan berputus asa," ujarnya.

Lanjutnya, justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang pramuka untuk pantang berputus asa.

"dan tetap rela menolong dan tabah membatu sesama dari segi apapun termasuk membatu program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Covid 19 yg masih melanda kita saat ini,” imbuhnya.

Pembagian Masker, (Foto: Ist)

Terbukti, pasca melakukan Upacara tersebut seluruh jajaran pengurus dan Anggota Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Manggelewa melanjutkan dengan giat membagikan sejumlah masker secara gratis.

Masker-masker tersebut dibagikan pada pengguna jalan dan Masyarakat setempat yang berpusat di Jalan Bundaran Cabang Banggo Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, sekira pukul 13.15 Wita. (Far)

SepekanMore