Iklan

AspirasiDikpora DompuGuru HonorerKemendikbudPendidikanTenaga Honorer

Nasib 700 Guru Honorer, Dikpora Dompu: Sudah Diajukan

Dompu Siar
, Monday, August 23, 2021 WAT
Last Updated 2021-08-24T04:04:29Z
Nasib 700 Guru Honorer, Dikpora Dompu:
Sudah Diajukan


Dompu, Dompu Siar - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu telah mengajukan setidaknya 700 daftar nama guru ke BKD Dompu yang memenuhi persyaratan dan telah melalui verifikasi dan validasi data untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) Honor Daerah (Honda).

Plt Kadis Dikpora Kabupaten Dompu, Drs. H. Rifaid, M.Pd, dalam keterangannya menyebutkan, bahwa pihaknya menjamin kepastian untuk 700 orang guru yang dijanjikan.

"Surat Keputusan (SK) Honor Daerah (Honda) sudah menyetorkan sejumlah nama kemeja BKD kabupaten Dompu, sebulan yang lalu," ungkap Kadis saat dikonfirmasi awak media, Senin (23/8/2021).

Lanjutnya, pihaknya tentunya memprioritaskan guru honorer dengan masa pengabdian paling lama, dan tidak terputus-putus sampai dengan 31 Desember 2020. 

"Selain itu, harus memiliki jam kerja atau mengajar," jelasnya.

Kadis juga mengungkapkan, jika tidak memenuhi kriteria itu, maka sulit untuk diakomodir dalam usulan tersebut.

Terkait anggaran, dirinya menjelaskan bahwa sumber pembiayaan untuk 700 guru tersebut akan dibebankan pada anggaran APBD II dengan nominal 300 ribu rupiah perorang sebanyak 700 orang terhitung Juni-Desember 2021.

Menurut Kadis, ini merupakan salah satu langkah taktis pemerintah daerah, dalam upaya menunjang atau meningkatkan kinerja guru. 

Sebab, sambungnya, soal gaji sangat berpengaruh pada mutu pendidikan, "di sisi lain, guru juga sebagai pondasi utama dalam memajukan negara," tandasnya dikutip dari talkingnewsntb.com.

Kadis menambahkan, karena sebelumnya tidak digaji sekarang sudah digaji untuk mengisi kekurangan-kekurangan Guru di SD 900 orang dan 400 orang Guru di SMP.

Oleh karena iu, Ia berharap pada guru honorer sekabupaten Dompu perlu bersabar "dan Insya Allah SK itu pasti akan terbit dan ia juga berharap pada 700 orang guru honorer yang digaji agar memiliki kinerja yang lebih baik dari sebelumnya," tutupnya. (Tim)

SepekanMore