Iklan

Bupati DompuH. Syahrul ParsanKader JaelaniPemda DompuPendidikanWakil Bupati Dompu

Bina ASN di Lingkup Pemkab, Bupati dan Wakil Bupati Dompu Ajak Vaksinasi dan Jangan Takut Dimutasi

Dompu Siar
, Wednesday, September 08, 2021 WAT
Last Updated 2021-09-09T05:31:54Z
Bupati Dompu, Kader Jaelani, saat memberi arahan pada ASN berlangsung di Halaman Kantor
Dinas Dikpora Dompu


Dompu, Dompu Siar - Setidaknya 4 (empat) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti kegiatan pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh Bupati dan Wakil Bupati Dompu, berlangsung di Halaman Kantor Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, Rabu (8/9/2021).

Organisasi Perangkat Daerah tersebut masing-masing, Bappeda dan Litbang, DPMPD, Dikpora dan Dukcapil ditambah dengan perangkat Pemerintah Kecamatan Dompu serta beberapa Kepala Sekolah dan Guru di Kecamatan Dompu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Dompu, Kader Jaelani, ditemani oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, Ketua DPRD, Andi Bahtiar, Kapolres Dompu, Syarief Hidayat, Dandim 1614-Dompu, Ali Cahyono.

Juga hadir pula, Sekda Dompu, Gatot Gunawan P. Putra bersama seluruh Asisten Daerah serta pimpinan dinas untuk masing-masing OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu.

Sebagaimana pada kegiatan serupa yang digelar sebelumnya, Bupati Dompu, Kader Jaelani dalam pemaparannya menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan itu dimaksudkan dalam rangka memberi motivasi pada seluruh ASN yang ada khususnya kaitan dengan Program Vaksinasi Nasional.

"ASN sebagai contoh bagi masyarakat diwajibkan untuk diberikan vaksinasi," kata Bupati.

Bupati Dompu, Kader Jaelani, saat memberi arahan pada ASN berlangsung di Halaman Kantor
Dinas Dikpora Dompu

Terlebih, Bupati juga mengajak para ASN agar dapat memberi contoh sekaligus ikut andil dalam mensukseskan program vaksinasi tersebut.

"Sebagaimana diketahui, angka partisipasi ASN yang mengikuti program Vaksinasi, masih sangat rendah, maka bagi ASN yang belum divaksin, segera divaksin," ajak Bupati.

Hal lain Bupati juga menghimbau, terkait kinerja aparatur sipil negara (ASN), untuk lebih ditingkatkan lagi terutama menyangkut pelayanan publik.

"Dompu dengan slogan Nggahi Rawi Pahu ini harus kita bangun bersama, maka diminta pada seluruh ASN agar memperhatikan kinerja masing-masing," imbuh Bupati.

Bupati Dompu juga sempat menyinggung terkait issue mutasi dan rotasi jabatan Bupati meminta agar hal itu tak perlu dirisaukan apalagi ditakutkan.

Bupati menegaskan akan hal itu, bahwa semuanya telah dibicarakan secara matang oleh nya bersama Wakil Bupati Dompu sendiri. 

Bina ASN di Lingkup Pemkab, Bupati dan Wakil Bupati Dompu Ajak Vaksinasi dan
Jangan Takut Dimutasi

Sedangkan mengenai isu yang berhembus bahwa rotasi pejabat maupun ASN ini diperkirakan hari Jumat Minggu kemarin dan hari Senin tadi, itu merupakan hal yang wajar saja, tapi yang jelas mutasi tersebut akan segera dilaksanakan secepatnya.

"Isu rotasi pejabat maupun ASN merupakan hal yang wajar saja, dari isu itu justeru saya banyak mendapatkan informasi bahwa ada sejumlah ASN maupun pejabat yang merasa gelisah dan ketakutan serta mempertanyakan akan posisinya pada orang lain. Itu saya dan pak Wabup sudah tahu semuanya,"kata Bupati Dompu dengan senyum.

Bupati menjelaskan, ketika ada ASN maupun pejabat yang terlibat dalam politik praktis dan merasa diri bersalah sehingga muncul rasa ketakutan dan kekhawatiran karena tidak bisa mendapatkan jabatan lagi, maka itu semua tidak ada pengaruhnya. 

Menurut AKJ SYAH bahwa untuk menempatkan posisi jabatan bagi ASN yang memenuhi syarat dan pejabat, itu akan dipilih dan dipilah terlebih dahulu sesuai dengan hasil evaluasi kinerja terbaiknya, dan agar bisa menjadi yang terpilih maka diharapkan ASN maupun pejabat tersebut harus mampu menunjukkan rasa profesionalitas nya dalam bekerja.

Di samping itu, beber Bupati, para ASN juga harus mampu menunjukkan dedikasi, inovasi dan loyalitas terhadap pimpinan nya. 

Loyalitas yang dimaksudkan itu, ungkap Bupati, bukannya memberikan pujian terhadap kinerja pimpinan atau atasan tertingginya, tapi loyalitas yang dimaksud yakni loyal terhadap pekerjaannya dan ikut mensukseskan program pemerintah untuk kemajuan daerah demi kemaslahatan masyarakat.

"Saya sarankan agar ASN dan pejabat dapat bersaing untuk meningkatkan kinerja terbaiknya, mampu menunjukkan profesionalitasnya, dedikasi, inovatif dan loyalitas nya untuk daerah dan negara serta masyarakat," tandasnya.

Kegiatan vaksinasi langsung oleh Nakes, di Aula Kantor Dinas Dikpora Dompu

Kegiatan pembinaan yang berlangsung memakan waktu hampir 3 (tiga) jam itu, berjalan dengan tertib dan lancar, tanpa ada hambatan yang berarti.

Pantauan para awak media juga menyebutkan, kegiatan pembinaan ASN telah berlangsung 3 hari dan setidaknya ada 18 OPD yang telah mengikuti kegiatan yang sama.

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan pembinaan terhadap aparatur sipil negara tersebut diperkirakan masih akan berlangsung, mengingat masih ada beberapa OPD yang belum disentuh dan telah dijadwalkan sebelumnya. (Red)

SepekanMore