DompuKabar IslamiMaulid NabiSTKIP Yapis

Maulid Nabi di YAPIS Dompu, Ustadz Fadhil: Didiklah Anak Dengan Baik

Monday, November 1, 2021, November 01, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-02T01:14:06Z
Ustadz Fadhil saat mengisi ceramah Maulid di Yapis Dompu, (Foto: Ist)



Dompu, Dompu Siar - Bertempat di Gedung Yayasan Pendidikan Islam Dompu melalui, STKIP YAPIS Dompu, menggelar acara Peringatan Maulid Nabi Muhamad Saw 22 Rabiul Awal 1443 H, Senin (1/11/2021) pukul 09.10 Wita.


Di moment syakral ini, hadir sebagai penceramah yakni, Al Ustadz Muhamad Fadhil Abdullah Bugil, S.Pdi, dengan tema, Meneladani Akhlak Nabi Muhamad Saw dalam menghadapi tantangan Zaman.


Hadir dalam kegiatan, Bupati Dompu di wakili oleh Kaur Kesra Dompu, Burhanudin, Ketua yayasan Yapis Dompu dan STKIP Dompu Dr. Dodo Kurniawan SE.ME., Dandim 2614/Dompu di wakili oleh Serka Amirudin Babinsa Desa Sori Sakolo, dan Kapolres Dompu di wakili oleh Iptu Jaelani.


Hadir pula Anggota DPR Dompu Ibu Nadira, Kades Sori sakolo Muhamad HR, Mahasiswa- Mahasiswi Yapis dan Stkip Dompu, Warga serta Masyarakat Desa Sori Sakolo 500 Orang.


Pada pelaksanaanya, acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan, Tampilan Tim Kasidah oleh Mahasiswi Yapis Dompu, Pembacaan ayat suci Alquran oleh Qori STKIP, disusul laporan oleh BPK Ilyas MPD.


Dalam Sambutannya, Ketua Yapis Dompu, mengajak hadiri, untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas terlaksananya Maulid Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam pada pagi hari ini sehingga kita di berikan umur dan kesehatan.


"Lima kekuatan dan iman kesempatan untuk lima kalimat ini harus kita syukuri sebagai bentuk kita menghambakan diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala tentu sebagaimana firman-nya manakala kita mensyukuri nikmat Allah akan menambah nikmatnya tapi manakala kita mengingkari nikmat Allah memberikan azab," kata Ketua Yapis.


Lewat kesempatan yang baik itu, Ketua Yapis menyampaikan komitmennya untuk mengimplementasikan kecerdasan intelektual agar tercipta ilmu dan adab yang seimbang. 


Sementara Al Ustadz Muhamad Fadhil Abdullah Bagil S.Pdi, dalam Taujihnya menyampaikan beberapa keIstimewaan tentang sifat kemuliaan baik dari sisi fisik nabi dan yang kedua kita tentang akhlak adab dan tata krama Nabi Muhammad Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. 


Dijelaskannya, bahwa Nabi Muhamad memiliki sifat-sifat fisik yang sempurna yang tidak dimiliki oleh manusia manapun yang tidak dimiliki dan diberikan oleh Allah subhanahu wa Ta'Ala kepada nabi manapun.


"Sehingga para hadirin yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala suatu hari sahabat abu Hurairah ditanya oleh sahabat yang lainnya ya rasulillah shallallahu alaihi wasallam bagaimana sesungguhnya wajah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dijawab oleh abu Hurairah apabila kamu melihat wajah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam maka seakan-akan engkau melihat matahari yang tengah terpilih," ucap Ustadz Fadhil.


Disebutkannya, Ahlak Nabi Muhammad Saw begitu karismatik ahlak yang tidak dimiliki oleh Nabi-nabi lain, ahlak yang tidak dimiliki oleh manusia lain di muka bumi ini.


"Karena Rasulullah sallallahu alaihi wasallam diutus dan dilahirkan oleh Allah dengan membawa visi menyempurnakan akhlak yang baik, kita manusia mengenal akhlak yang diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta'ala manusia dalam keadaan sesat yang nyata sebelum dilahirkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam adalah manusia dalam keadaan sesat yang nyata," imbuhnya.


Potret Seputar Kegiatan Maulid Nabi
(Foto: Ist)


Diakhir ceramahnya, Al Ustadz mengajak, pada semua pihak yang hadir, agar sama-sama mampu mencontohi akhlak Nabi.


"Mari kita contoh Akhlak Nabi kita yang mempunyai akhlak yang baik, saat ini anak-anak kita sudah banyak yang terjadi, kita ketahui bersama anak jaman sekarang sudah terjerumus pengguna dan pemakai narkoba, pemabuk, penjudi, ini tantangan bagi orang tua didiklah anak-anak kita dengan baik," ajak Ustadz Fadhil. (Hd)


Pantauan awak media ini, acara Peringatan Maulid Nabi di STKIP Yapis Dompu dirangkaikan dengan Pemberian santunan sembako kepada fakir miskin oleh pejabat yang hadir, dan selesai pukul 11.20 Wita dengan aman dan lancar. (Hd)

SepekanMore