Iklan

EdukasiInspirasiKiriman Pembaca

Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal Materi, Kiat Sukses Menghadapi Ujian

Dompu Siar
, Sunday, January 02, 2022 WAT
Last Updated 2022-09-29T12:33:29Z
Foto bareng siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Kota Bima (Foto: Doc)


Oleh : Suherlin, S.Pd (Guru BK SMP Negeri 1 Kota Bima)


Kota Bima, Dompu Siar - Bimbingan dan Konseling (BK) adalah proses interaksi antara konselor dengan konseling baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka untuk membantu konseling agar dapat mengembangkan potensi dirinya ataupun memecahkan permasalahan yang dialaminya. 


Bimbingan dan Konseling juga dapat didefinisikan sebagai upaya sistematis, objektif, logis, dan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan oleh konselor untuk memfasilitasi perkembangan konseli untuk mencapai kemandirian dalam kehidupannya. 


Dalam Permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah disebutkan bahwa Bimbingan dan Konseling sebagai bagian integral dari program pendidikan, merupakan upaya memfasilitasi dan memandirikan peserta didik dalam rangka mencapai perkembangan yang utuh dan optimal.


Bimbingan Klasikal adalah salah satu pelayanan dasar bimbingan yang dirancang agar konselor melakukan kontak langsung dengan para peserta didik di kelas secara terjadwal, konselor memberikan pelayanan bimbingan ini kepada peserta didik.


Tujuan bimbingan memberikan arah agar individu dapat merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karier, serta kehidupannya pada masa yang akan datang; mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan seoptimal mungkin; menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat, serta lingkungan kerjanya; dan mengatasi hambatan serta kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, ataupun lingkungan kerja.


Fungsi layanan bimbingan klasikal yaitu sebagai tindakan preventif atau pencegahan pada pengembangan pribadi siswa yang meliputi bidang belajar, bidang sosial dan bidang karir serta untuk menghindarkan siswa dari tingkah laku yang tidak diharapkan.  


Kegiatan bimbingan dan konseling di SMP
Negeri 1 Kota Bima 


Ujian sekolah merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan peserta didik. Pelaksanaan ujian di sekolah dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan peserta didik. Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh. 


Adapun ujian-ujian yang akan dilaksanakan oleh kelas IX di SMP Negeri 1 yaitu ulangan harian, MID semester, UAS, ujian tryout dan ujian sekolah. Adapun persiapan dalam menghadapi ujian. 


Pada saat pelaksanaan ujian pasti terdapat kendala-kendala yang muncul, seperti serangan panik, kurangnya persiapan dan kesehatan terganggu. 


Sedangkan tips dan trik yang dapat dilakukan pada saat akan menghadapi ujian adalah belajar dari jauh-jauh hari, ciptakan suasana belajar yang nyaman, sering mengikuti belajar kelompok, pelajari kisi-kisi ujian, berlatih mengerjakan soal-soal, dan selalu menjaga kesehatan.


Pelaksanaan layanan bimbingan klasikal  dengan topik materi “Kiat Sukses Menghadapi Ujian”  dirasa sangat penting dilakukan terutama untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Kota Bima. 


Hal ini diharapkan untuk memberikan pemahaman demi pengembangan pribadi siswa dalam bidang belajar. Dimana siswa kelas IX akan lebih banyak melakukan ujian baik itu ujian MID semester, UAS, ujian tryout dan juga ujian sekolah. Sehingga akan sangat tepat bila dilaksanakan. (Red)

Suherlin, S.Pd

SepekanMore