Iklan

BimaDesa MariaKebakaranPeristiwa

Rumah 12 Tiang Milik Warga Wawo Maria Hangus Dilahap Si Jago Merah

Dompu Siar
, Friday, January 28, 2022 WAT
Last Updated 2022-01-28T14:08:34Z



Bima, Dompu Siar - Malang nasib pemilik sebuah rumah panggung 12 tiang bernama Abdul Syukur yang terletak di lingkungan RT 013 RW. 006 Dusun Temba Mbojo Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima yang dilahap si jago merah pada Jumat (28/1/2021) siang waktu setempat.


Penyebab kebakaran tersebut diduga akibat arus pendek sementara kondisi rumah milik mengalami parah dan hanya menyisakan tiang penyangga serta tangga rumah.


Dilansir dari media lokal setempat, menyebutkan bahwa tidak ada korban jiwa serta luka-luka, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.


Kepala Desa Maria, Imran Ibrahim saat diwawancarai awak media yang ikut bersama warga berusaha memadamkan api pada saat kejadian menjelaskan, bahwa kejadian musibah kebakaran ini diperkirakan setelah warga melakukan Sholat Jumat.


"Saat kejadian tidak ada satupun anggota keluarga yang berada di rumah. Namun, beberapa warga yang melihat pertama kali kejadian langsung mengupayakan pemadaman sehingga api tidak merembet ke rumah warga sekitarnya." jelasnya dikutip dari media westnusatenggara.com.


"Beruntungnya, ada warga lain yang melihat kepulan asap di rumah korban dan melakukan pemadaman bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, dengan menggunakan lumpur yang berdekatan sawah tersebut" tambahnya.


Atas musibah tersebut, Kades beserta Pemerintah Desa Maria akan mengupayakan agar korban Abdul Syukur sekeluarga bisa mendapatkan program bedah rumah dalam waktu dekat ini.


"Ya, kebetulan kami memiliki program bedah rumah, akan diupayakan program tersebut membantu warga kami yang kehilangan rumahnya akibat musibah kebakaran ini," jelas Kades.


Masih menurut Kades Maria, kehadiran pemadam kebakaran setelah api tersebut telah padam pada pukul 14:34 Wita. 


Selama ini setiap terjadi musibah kebakaran, penanganan selalu terlambat diakibatkan tidak tersedianya mobil pemadam kebakaran. 


Hal tersebut kerap menjadi desakan warga untuk menghadirkan mobil pemadam kebakaran guna meminimalisir kerusakan jika terjadi lagi musibah kebakaran seperti saat ini.


"Setidaknya harapan saya pribadi mewakili warga desa Maria kepada Pemerintah Daerah, bagaimana mengupayakan untuk pengadaan mobil pemadam kebakaran kedepannya," harapnya. (Ma)

SepekanMore