AspirasiInspirasiKiriman Pembaca

Dompu Bisa Bangun Ekonomi Sport

Wednesday, February 23, 2022, February 23, 2022 WAT
Last Updated 2022-02-23T11:38:54Z
Atlit Cilik Cabor Panahan (Foto: Ilustrasi)


Oleh: Andi Hermawan



Dompu Siar - Membangun daerah tidak hanya mengandalkan potensi sumber daya alam saja, tetapi keterampilan sumber daya manusia bisa di optimalkan lewat kerja-kerja kreatif. 


Seperti saya saat ini yang sedang bermimpi setinggi-tingginya dan berharap suatu waktu nanti akan menjadi kenyataan dan dirasakan langsung oleh anak-anak kita sepuluh tahun yang akan datang. 


Mimpinya adalah membangun Dompu Sport Turnamen. Jadi mulai hari ini, pemerintah dan komite nasional olahraga (Koni) Dompu harus bersinergi membahas masa depan olahraga. 


Kehadiran pemerintah dan Koni Dompu dapat mensupport secara langsung pencarian bakat di masing-masing cabang olahraga. 


Sebelum ke sana. Infastrukturlah yang perlu dibenahi dan diperbaiki. Infastruktur adalah perbaikan lapangan dan sarana pendukung lainnya. 


Sehingga pada saat latihan pengembangan diri, para atlet bisa merasa nyaman dan mau latihan secara rutin, sampe pada akhirnya mendekati kesempurnaan dan siap untuk diperlombakan. 


Pemerintah jemput dengan menyelenggarakan event olahraga yang bisa mendatangkan banyak orang. Satu contoh misalnya olahraga bola dan volly. Tahun berikutnya bisa olahraga lain, seperti berlari, bersepeda, berkuda, panahan bahkan motor sport dan masih banyak lagi.


Kita bisa bermitra dengan swasta, lewat dana CSR yaitu tanggung jawab sosial perusahaan. 


Kalau sudah bagus desainnya, nanti pasti akan di ikuti sampe ke pelosok Desa. Di desa akan buka juga turnamen antara kampung, dari sana kita bisa ekspor kemampuan-kemampuan anak desa. 


Bahkan melebihi kemampuan anak kota. Terbukti kan, atlet-atlet hebat juga banyak yang lahir dari desa kok. 


Tak hanya itu, ekonomi sport pasti jalan. karna olahraga berkaitan dengan ekonomi. Kenapa? 


karena kita mendatangkan banyak orang hadir ke Dompu, menyaksikan perlombaan antara Desa, Kabupaten bahkan antara pulau-pulau. 


Perputaran uang jadinya sangat cepat, masyarakat tidak lagi mengandalkan penghasilan jadi petani, peternak, dan nelayan saja. 


Tetapi potensi-potensi lain bisa di gerakan semua. Sehingga penghasilan masyarakat bisa masuk banyak pintu. 


Ketika banyak orang mau datang ke Dompu, kita harus welcome dan jaminkan pada tamu dengan rasa aman dan nyaman. Kalau sudah aman, para tamu pasti akan mencari tempat yang indah. Bisa lewat kuliner, sejarah-budaya maupun potensi sumber daya alam. 


Trabas Sport (Foto: Ilustrasi)


Daerah kita punya makanan khas, budaya, potensi laut, gunung tinggi, padang savana, danau dan pulau-pulau indah lainya. Bisa sekaligus menjadi ajang promosi wisata. 


Jika sudah seperti itu konsepnya, maka olahraga, ekonomi dan pariwisata akan jalan berbarengan sehingga sepuluh tahun kedepan aktivitas masyarakat sudah disibukan dengan membuka usaha jasa, makanan, paket wisata, produk-produk lokal akan punya peluang lebih besar untuk bersaing dengan daerah-daerah maju lainnya. 


Saya kira ini akan menjawab juga dari degradasi moral anak-anak kita, dimana kasus pemanahan, penangkapan narkoba, penculikan, dan kriminalitas lainnya bisa di kurangi lewat aktivitas dan kegiatan hidup sehat yang mulai dari kampung sampe ke kota. 


Andi Hermawan


Kamu tahu, masa depan anak-anak kita ada pada kebijaksaan seorang pemimpin. (Red)

SepekanMore