BPS DompuKabar Dompu TerkiniSensus Pertanian

Siapkan Petugas ST2023, BPS Dompu Gelar Latihan di Hotel Rinjani

Sunday, February 27, 2022, February 27, 2022 WAT
Last Updated 2022-02-27T17:57:25Z
Sesi Foto Bersama usai Latihan (Foto: Ist)


Dompu, Dompu Siar – Sektor pertanian di Indonesia sangatlah penting. Sensus Pertanian harus dapat menjawab kebutuhan data pertanian baik di level nasional maupun level global. 


Sensus Pertanian 2023 (ST2023) yang dilaksanakan 10 (sepuluh) tahun sekali dirancang agar hasil yang diperoleh berstandar nasional yang bertujuan untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat.


Hal ini dilakukan agar mendapatkan gambaran yang jelas tentang struktur pertanian di Indonesia dan mendapatkan kerangka sampel untuk survei-survei pertanian rutin. 


Untuk menjawab kebutuhan data pertanian tersebut khususnya di wilayah Kabupaten Dompu, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dompu melaksanakan Pelatihan Petugas Pemetaan dan Pemutahiran Muatan Wilayah Kerja Statistik (Wilkerstat) ST2023.


Kegiatan ini berlangsung selama 4 (empat) hari, bertempat di Hotel Rinjani Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Bada Kabupaten Dompu, Selasa - Jum'at (22-25/02/2022). 


Kepala BPS Kabupaten Dompu, ISA, SE. MM., dalam sambutanya mengemukakan bahwa BPS-RI sejauh ini telah menetapkan pendataan dan pemetaan ST2023 dilakukan seluruh indonesia.


"dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan (adminduk) sebagai data dasar untuk dimutakhirkan dan dilengkapi sesuai dengan konsep dan esensi sensus pertanian," ungkapnya.


Lebih lanjut ISA menyampaikan, tahun 2022 ini pelaksanaan Kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat ST 2023 dilakukan di seluruh Kecamatan di tiap-tiap Desa Se-Kabupaten Dompu. 


Kegiatan ini dibagi ke dalam dua tahapan, tahap pertama adalah kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat, sedangkan tahap kedua adalah kegiatan Pengolahan Peta dan dokumen muatan wilkerstat yang nanti pelaksanaanya dimulai pada tanggal 01 - 31 Maret Tahun 2022. 


ISA juga meyakini dan percaya, semua yang berada di ruangan ini adalah petugas yang terpilih. Untuk itu semoga semua petugas bisa menjaga profesionalisme, integritas, dan amanah dalam menjalankan tugasnya nanti. 


Isa, SE,.MM saat memberi arahan
di acara pelatihan petugas ST20223
di Hotel Rinjani, (Foto: Ist)


Ia juga berharap kepada semua petugas yang melakukan pemutakhiran data, agar di lapangan nanti agar melaksanakan pendataan dengan sebaik mungkin.


"Diharapkan pada semua petugas agar dapat bekerja sesuai acuan Standar Operating Prosedure (SOP) Pemetaan agar mendapatkan Data yang lengkap, akurat dan terupdate supaya pelaksanaan Sensus Pertanian di Tahun 2023 nantinya berjalan dengan baik," imbuhnya.


Diakhir pembicaraannya Isa berpesan agar jaga kesehatan, karena kesehatan adalah unsur utama untuk menunjang kinerja kita supaya tetap berkualitas. (Far)

SepekanMore