Berita Dompu TerbaruBulogHarga GabahMRRPPemda DompuPertanianSekda Dompu

Hadirkan 'Bulog Modern' MRRP, Pemda Dompu Harap Keluhan Harga Gabah, Teratasi

Thursday, June 2, 2022, June 02, 2022 WAT
Last Updated 2022-06-02T12:49:07Z
Gatot Gunawan P. Putra saat mendampingi rombongan, Bulog Pusat yang meninjau lokasi rencana pembangunan MRRP
(Foto: Prokopim/Ist)



Pemda Dompu, Dompu Siar - Merespon keluhan petani terkait ketidakstabilan harga gabah ditengah produktivitas gabah yang tinggi, maka untuk mengatasi hal tersebut Pemda Dompu kini temukan solusi.


Hal itu dibuktikan dengan rencana dihadirkannya Modern Rice Milling Plant (MRMP) atau Penggilingan Padi Modern melalui kerja sama Pemda Dompu dengan Bulog Pusat, Kamis (2/6/2022) di ruang kerjanya.


Pemda Dompu, AKJ-SYAH melalui Sekretaris Daerah, Gatot Gunawan P. Putra dalam keterangannya menyebutkan, bahwa saat ini pihaknya intens membangun Komunikasi dan koordinasi baik di tingkat provinsi hingga tingkat pusat untuk hadirkan MRRP di Kabupaten Dompu.


“Bila fasilitas penggilingan padi dengan skala modren tersebut benar-benar dibangun menjadi satu kesukuran bagi para petani selain hasil padi langsung terserap dengan baik sesuai dengan harga yang disepakati kestabilan harga padi pun bisa berjalan dengan baik”, kata Gatot dilansir dari laman dompukab.go.id.


Lanjut Gatot, untuk membangun areal penggilingan padi modern tersebut, kini tengah memasuki tahap Survey lokasi untuk kali kedua.


"Rencana pembangunan tersebut disambut Bupati dan Wakil Bupati Dompu dengan menyediakan lahan seluas 4,5 Hektar," ungkap Pria yang dikenal hobi bersepeda itu.


Sebelumnya Bupati Dompu, Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST.MT telah berkoordinasi dan berkomunikasi terkait rencana pembangunan MRMP oleh Bulog Pusat, seusai penandatangan MOU penyerapan jagung yang diwakili Direktur Bisnis Bulog, Febbi Novianti dan Kepala Wilayah Bulog NTB, Abdul Muis Sayyed Ali, Sabtu (21/05/22) di Aula Pendopo Bupati AKJ langsung mengundang kedua pejabat itu bersama rombongannya meninjau lokasi pembangunan MRMP yang dipersiapkan Pemda Dompu di Kelurahan Mota Baru Kecamatan Woja.


“Dalam kesempatan survey lokasi yang kedua kalinya itu Bulog Pusat dipimpin Dr. Sonya Mamoriska Harahap, Kepala Pusat Perencanaan Strategis dan Manajem Resiko, dengan 2 orang anggotanya, Bulog NTB dipimpin kanwilnya dengan membawa serta 4 orang anggota dan tim assasment dengan anggota sebanyak 2 orang dipimpin Tri Sakti Budi Utomo, Konsultan Arghajata Consulting Jakarta”, sebutnya.


Gatot menjelaskan, terkait lokasi pembangunan MRMP nantinya akan dibuatkan kajian sebagai bahan pembuatan keputusan layak dan tidaknya MRMP dibangun di daerah ini.


"Kehadiran MRMP di suatu daerah tidak terkecuali di Dompu akan menjadi solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi para petani selama ini dengan banyak keluhan terkait harga gabah dan harga serapan gabah," terangnya.


Terkait rencana pembangunan MRRP ini, Pemda Dompu tentunya mengharapkan dukungan terutama doa dari seluruh masyarakat mudah-mudahan hasil survey yang dilakukan pihak Bulog bersama tim assasment-nya memberikan keputusan di Dompu layak dibangun MRMP.


“Mari doakan bersama mudah-mudahan dengan hasil survey tim assasmen memberikan jawaban di daerah ini layak dibangun sarana penggilingan padi berskala modren tersebut”, tuturnya.


Diakhir penyampaiannya Sekda Gatot Gunawan PP juga menyampaikan harapannya agar para petani dalam mengupayakan hasil padinya agar tetap bisa memperhatikan kualitas padi yang dihasilkannya.


“Kualitas padi seperti kadar air dan lainnya sebagaimana yang diatur dalam peraturan penyerapan gabah petani ikut menetukan harga gabah petani”, tutup Gatot. (Ma/Prokopim)

SepekanMore