Berita Dompu TerbaruGerak Jalan SantaiIBI DompuIkatan Bidan IndonesiaInfo SehatPemda Dompu

Ultah IBI Ke-71, di Tangan Para Bidan Generasi Unggul, Cerdas dan Sehat

Thursday, June 23, 2022, June 23, 2022 WAT
Last Updated 2022-06-24T04:42:21Z
Momen Gerak Jalan Santai Para Bidan di Dompu menuju Lapangan Beringin Dompu
(Foto: Doc/Prokopim/Ist)


Pemda Dompu - Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju bukanlah hal mudah.


Meski banyak tantangan yang harus dilewatinya namun di tangan Para Bidan, generasi saat ini mampu menjadi anak bangsa yang unggul, cerdas dan sehat. 


Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT. (HSP) saat memberi sambutan sekaligus ucapan selamat kepada para Bidan yang tengah Merayakan Ulang Tahun (Ultah) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Dompu yang Ke-71 Tahun 2022 Jumat (23/06/22) sekitar pukul 07.00 Wita.


"Pada Ikatan Bidan yang hari ini merayakan ulang tahun ke-71 Tahun dan telah berkontribusi bagi pembangunan kesehatan khususnya di Bumi Nggahi Rawi Pahu, saya ucapkan selamat, semoga terus jaya dan memberikan pelayanan terbaik bagi kemajuan Indonesia khususnya dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat agar lebih baik dan lebih maju dari keadaan sebelumnya," kata Wabup dalam sambutannya.


Dalam perayaan ultah yang dilangsungkan di Lapangan Beringin Dompu ini, Wakil Bupati tak lupa memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas pengabdian seluruh bidan di Kabupaten Dompu sejauh ini.


"bukan sesuatu yang mudah bagi Organisasi IBI untuk mengawal perjalanan generasi sebuah bangsa, ada banyak tantangan yang harus dilewati guna memberikan kiprahnya bagi kemajuan Indonesia," tutur pria paruh baya yang akrab disapa Papi Ru itu.


HSP menjelaskan, banyak tantangan yang harus dilewati oleh IBI dalam mengawal generasi bangsa sehingga bisa unggul, cerdas dan sehat terutama dalam mendampingi para ibu dan bayinya di masa 1000 hari pertama kehidupan.


"namun dengan semangat yang kuat dan harapan yang kokoh untuk memajukan bangsa keluarga besar IBI mampu melewati berbagai tantangan itu dengan baik dan lancar," sebutnya dilansir dari laman dompukab.go.id.


Lanjut Wabup dengan semangat Perjalanan Panjang Profesi Bidan dalam Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju tersebut, Wabup inginkan para bidan mampu menginspirasi atau penyemangat kerja bagi keluarga besar IBI dalam memajukan Indonesia khususnya dalam meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak.


Sementara itu, selaku organisasi profesi, ungkap Wabup, IBI telah menjadi rumah bagi seluruh Bidan Indonesia dan dibentuk dengan visi dan misi yang dilandasi dengan semangat pengabdian dan pemberian pelayanan yang terbaik bagi kemajuan Indonesia.


"Dipahami bersama bahwa profesi bidan diakui sebagai tenaga profesional dalam bidang kesehatan yang bertanggungjawab bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak, dan dalam perannya profesi bidan menjadi profesi yang mulia dan kehadirannya sangat dibutuhkan," tuturnya.


Sehingga, dengan demikian, sambung Wabup, Bidan dapat menjadi garda terdepan dalam mewujudkan cita-cita pembangunan kualitas sumber daya manusia Indonesia seutuhnya, dalam perannya bidan selalu dituntut bekerja profesional.


Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan saat melepas Peserta Gerak Jalan Santai di Lapangan Beringin Dompu (Foto: Doc/Prokopim/Ist)


HSP menambahkan, sebagai profesi dalam tugas dan fungsinya bidan juga tetap harus bekerja tulus dan ikhlas sehingga bagaimana pun beratnya tantangan yang dihadapi menjadi ringan.


HSP berharap, dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya para bidan terus meningkatkan kualitas diri serta terus berjuang menurunkan angka kematian bagi ibu dan anak.


"Hendaknya dalam menjalankan tugas dan fungsinya para bidan dapat membangun sinergitas dan juga menjaga kekompakan dengan semua pihak, sehingga semuanya secara bersama ikut terlibat mensukseskan terlaksananya program dan kegiatan pembangunan guna terwujudnya Dompu Mashur yang menjadi cita-cita bersama seluruh elemen di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini," harap HSP.


Acara Hari Ulang Tahun IBI Ke-71berjalan aman, tertib dan lancar dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang antara lain gelar menu pendamping kesehatan ibu dan anak oleh masing-masing organisasi IBI masing-masing di 8 Kecamatan, jalan sehat, pembagian puluhan door prize, pemotongan nasi tumpeng oleh Wakil Bupati Dompu dan photo bersama. (Prokopim/Ma).

SepekanMore