Iklan

BudayaDesa Kawinda Na'eInspirasiKabar BimaKabar TamboraPariwisataSosialita

Festival Rengge Mpu'u, Serba Serbi HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Tambora, Bima

Dompu Siar
, Thursday, August 11, 2022 WAT
Last Updated 2022-08-11T15:19:35Z
Festival Rengge Mpu'u, Serba Serbi HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Tambora
Kabupaten Bima


Bima, Dompu Siar - Momentum HUT RI yang Ke 77 Tahun 2022 memang ditunggu-tunggu oleh Masyarakat tak terkecuali di Desa Kawinda Na'e, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, NTB.


Memeriahkan Dirgahayu Kemerdekaan RI ini, warga berbondong-bondong menghelat kegiatan Tahunan di antaranya.


1. Lomba Motor Boat

2. Lomba Dayung sampan

3. Lomba Karaoke

4. Lomba Sepak Takraw

5. Lomba lari 100 Meter

6. Lomba Tarik Tambang

7. Lomba Panjat pinang


Festival Rengge Mpu'u, Serba Serbi HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Tambora
Kabupaten Bima


Sementara di malam penutupan terangkai dengan Pembacaan Puisi hingga Tadarus Al-Qur'an.


Informasi yang dihimpun awak media ini mendapati bahwa Kegiatan yang diinisiasi oleh 2 (dua) dusun yakni Dusun So Na,E dan dusun Sori Bura desa kawinda ini di fasilitasi oleh pemerintah desa dan diketuai oleh Muhtar, S.Pd dan pemuda-pemudi Masyarakat Kawinda Na'e.


Diketahui pula, bahwa kegiatan ini Bertujuan mempromosikan Spot wisata RENGGE MPU'U yang selama ini tidak terjamah namun memiliki potensi dan daya jual sebagai obyek wisata lokal, sehingga pusat kegiatan dipusatkan di area Rengge Mpu'u.


"terdapat 2 (dua) mata lomba yang akan menjadi ritual tahunan dan akan di gaungkan sebagai icon desa dan brand, yaitu lomba Motor Boad dan dayung sampan," sebut ketua Panitia saat acara pembukaan berlangsung, Kamis (11/8/2022) pagi waktu setempat.


Sementara itu, Camat Tambora tak ketinggalan mengaku siap menggelontorkan Anggaran untuk mengemas dan mendandani Spot Rengge Mpu,u sebagai objek wisata yg akan menyaingi spot wisata lainya. 


Dalam sambutan itu pula, Camat Tambora juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun dan menjaga keindahan dan keutuhan wilayah Tambora yang notabene mempunyai brand taman Nasional Wisata Air Terjun Bidadari Oi Marai. 


Informasi lain yang dihimpun menyebutkan bahwa kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 16 Agustus 2022 dan malam 17 nya adalah malam penutupan.


Festival ini merupakan sebagai langkah awal untuk mempromosikan spot wisata okal Rengge Mpu'u Desa Kawinda Na'e Kecamatan Tambora. 


Selain keindahan laut dan pesona pantainya Rengge Mpu,u mempunyai spot tersembunyi dibawahnya yaitu terdapat area terumbu karang yang mempesona dan terawat sehingga banyak para pemanah ikan yg hobi snorkeling, diving, serta mancing mania. 


Festival Rengge Mpu'u, Serba Serbi HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Tambora
Kabupaten Bima


Di samping itu, daya tarik pengunjung terdapat pelabuhan kapal bagang dan nelayan ikan tuna ekspor berada di sebelah timur Rengge Mpu'u. 


"Jika ingin meihat ikan tuna yang bobotnya 90 hingga 100 kg per ekor maka datanglah ke Rengge Mpu'u dusun So Na,e Desa Kawinda Na'e," ujar salah satu Panitia Kegiatan. (SKR)

SepekanMore