Iklan

Brimob Polres DompuHu'uKapolres DompuKonflik Hu'u

Tuntaskan Agenda "Islah" atas Konflik di Hu'u, Polres Dompu Gelar Rapat Terbatas

Dompu Siar
, Saturday, October 01, 2022 WAT
Last Updated 2022-10-01T14:35:29Z
Tuntaskan Agenda "Islah" atas Konflik di Hu'u, Polres Dompu Gelar Rapat Terbatas
(Foto: Ist)


Polres Dompu - Guna memastikan proses perdamaian (islah) pasca konflik sosial di wilayah Kecamatan Hu'u beberapa hari lalu benar-benar tuntas, Polres Dompu mengadakan rapat terbatas (ratas) yang berlangsung di Gedung Serba Guna, Desa Marada, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Sabtu (1/10/2022) sekira pukul 16.30 Wita. 


Hadir saat rapat tersebut antara lain Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., Kabag OPS Polres Dompu. AKP Syamsul Rizal, S.Sos., Danki Yon C Bpk. Yuswanto, SH, Camat Hu'u, Muhtar S.Sos., Kades Daha, Fadli dan Kades Hu'u, Mujahidin S.Sos, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di kedua desa.


Saat rapat berlangsung Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K, menyampaikan sekaligus menyepakati beberapa hal antara lain, mengagendakan penandatanganan kesepakatan (MoU) perdamaian antar kedua belah pihak yang bertikai yakni warga Desa Daha dan Desa Hu'u, yang rencananya akan dilaksanakan pada Senin, (3/10/2022) sekira pukul 15.30 Wita.


Pada kesempatan yang baik itu pula, Kapolres mengingatkan bahwa warga kedua desa merupakan satu rumpun keluarga, yang semestinya harus saling membantu dan menjaga silaturahim satu sama lain.


"Saya ini terlepas dari tugas dan tanggung jawab saya sebagai seorang Kapolres, saya merasa terpanggil, karena kita semua adalah saudara, baik saudara seiman, seagama, sebangsa dan setanah air," ujar Kapolres.


Mengingat, lanjut Kapolres, warga di Kecamatan Hu'u 100% muslim, maka perlu ditegaskan bahwa keadilan tertinggi dalam Islam itu adalah ketika bisa sama-sama islah. 


"Damai itu indah," tegas Kapolres sembari melempar senyuman di hadapan warga yang ikutan hadir saat rapat. 


Tuntaskan Agenda "Islah" atas Konflik di Hu'u, Polres Dompu Gelar Rapat Terbatas
(Foto: Ist)


Untuk itu, Kapolres kembali mengingat kan, agar kiranya, di saat Pelaksanaan Islah nanti, yang bakal hadir antara lain, Bupati Dompu, H. Kader Jaelani yang akan menyampaikan kata sambutan sekaligus menyaksikan proses tersebut, kemudian disusul arahan dan pembinaan dari Kapolres Dompu sendiri.


Bahkan, untuk membangkitkan kembali nilai-nilai rohani dan spritualitas dengan harapan dapat memupuk kesejukan serta hikmah bagi warga yang sempat adu tegang itu, turut dihadirkannya Da'i Kondang, Al Ustadz Sya'ban sekaligus pembacaan Ayat Suci Al Qur'an oleh Qari'ah dari Anggota Polwan kebanggaan Polres Dompu, Briptu Rohani.


Di samping itu, demi suksesnya pelaksanaan hajatan sakral itu, tak tanggung-tanggung, Polres Dompu bakal menyiapkan 5 Truk Dinas untuk mobilitas dengan melibatkan Kodim dan Batalion Pelopor Bima.


Tak lupa juga, Kapolres juga menghimbau sekaligus menekankan perlunya koordinasi serta penggalangan pada pihak-pihak terkait terutama Toga, Toma, Toda, hingga FKPD tentunya untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. (Tim)

SepekanMore