Iklan

NataruOperasi Lilin RinjaniPolres Dompu

Operasi Lilin Rinjani Nataru 2022 Dimulai, Kapolres Dompu: Kedepankan Aspek Kemanusiaan

Dompu Siar
, Friday, December 23, 2022 WAT
Last Updated 2022-12-23T13:32:15Z
Apel Gelar Pasukan di Lapangan Beringin Pemda Dompu (Foto: Ist)


Polres Dompu, NTB - Aspek kemanusiaan menjadi sasaran utama giat Satgas Preventif dalam mensukseskan Operasi Terpusat Lilin Rinjani Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, yang sudah di 'Cut On' oleh Kapolres Dompu terhitung sejak tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mendatang.


Di Dompu sendiri, terdapat 3 (tiga) titik sentral kerawanan bahkan 'base control' dalam rangka menciptakan sitkamtibmas selama momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) berlangsung. 


Demikian arahan Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., Kamis Pagi kemarin (22/12/2022) sekira pukul 09.00 Wita, saat Gelar Apel Pasukan di Lapangan Beringin Pandopo Bupati Dompu.


Kata Kapolres, selaras dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menginginkan pengamanan pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebagai operasi kemanusiaan yang bertujuan melayani masyarakat saat beraktivitas menyambut hari raya umat Nasrani dan pergantian tahun.


"Operasi Lilin dalam rangka Natal dan Tahun Baru ini merupakan operasi kemanusiaan. Di mana aparat harus hadir melayani masyarakat dalam beraktivitas, khususnya dalam menyambut libur Natal dan tahun baru,” tutur Kapolres dalam arahannya.


Suasana di Salah satu Posko Pelayanan
(Foto: Ist)


Sebab, lanjut Kapolres, orientasi yang harus ditindaklanjuti oleh anggota tak terbatas hanya pada sisi pengamanan, tetapi juga pada aspek lainnya, yakni kesehatan dan juga keselamatan.


Oleh karena itu, lanjutnya, "beberapa titik yang menjadi pusat pemantauan 'base control' perlu disiapkan Posko-posko Pelayanan (Posyan) yang diisi dengan perangkat pelayanan terutama alat komunikasi dan informasi".


Lebih lanjut, untuk mendeteksi lokasi-lokasi kerawanan, petugas dalam hal ini, Satuan Samapta bersama Satlantas dan lainnya harus memastikan kesempurnaan sistem yang pernah dipakai sekaligus menambah petugas yang membaca karteker.


"Belajar dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya, kali ini peran satuan tugas akan dimaksimalkan sesuai tupoksi masing-masing, terutama dalam hal pemanfaatan perangkat teknologi informasi sehingga lebih akurat dalam melakukan pemantau terhadap lalu lintas," tandas Kapolres.


Menindaklanjuti perintah dan arahan Kapolres tersebut, pada Jum'at (23/12/2022) sekira pukul 16.00 Wita, Anggota Pers Polres Dompu yang Tersprin dipimpin Oleh AKP Balok Suswantoro (sebagai Kasatgas Preventif) langsung merapatkan barisan.


"Mengawali giat hari pertama ini, satuan yang hadir antara lain Brimob Batalyon C, Anggota Kodim 1614, Anggota Dishub, satlantas dan pihak-pihak terkait lainnya," tutur Balok.


Sementara 3 (tiga) titik rawan yang menjadi debut 'Operasi Kemanusiaan' Lilin Rinjani Nataru kali ini antara lain PosPam Kota, PosYan Terminal Ginte serta Pos Yan Manggelewa, Kabupaten Dompu.


Debut pertama, kata Balok, "para satuan diarahkan memantau Pos PAM dan Yan, dengan Patroli, Pengecekan Personil Piket Pos PAM dan PosYan di Wilayah Dompu".


Serta, "mengingatkan kepada personil yang melaksanakan Pengamanan di setiap Pos PAM dan PosYan agar selalu waspada guna mewujudkan Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif," pungkasnya. (Tim)

SepekanMore