Iklan

Berita Dompu TerbaruKabar Dompu TerkiniKriminalPelaku CuratPenggelapan

Gelapkan 16 Unit HP Xiaomi Pesanan di Jasa Pengiriman, MH Dibekuk Tim Puma Polres Dompu

Dompu Siar
, Monday, June 12, 2023 WAT
Last Updated 2023-06-12T15:07:27Z
Barang bukti dalam kardus (Foto: Ist)


Polres Dompu, NTB - Seorang pria inisial MH alias Ovan asal Lingkungan Kota Baru, Kelurahan Bada, Dompu, tak berkutik saat dibekuk Tim Puma Polres Dompu, Senin (12/6/2023) dini hari sekira pukul 01.30 Wita.


Pasalnya, pria 31 tahun tersebut nekad menggelapkan 16 (enam belas) unit handphone pesanan counter Cahaya Timur, milik Irawan (37), yang beralamat di Jalan Lintas Sumbawa, Komplek Pasar Soriutu, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu.


Dikonfirmasi melalui Kasatreskrim Adhar, S.Sos., dalam keterangannya menyebutkan bahwa Terduga Pelaku ditangkap atas dasar laporan korban bernomor polisi  : LP/B/77/VI/2023/SPKT/PolresDompu/PoldaNTB, perihal Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat).



"Korban alami kerugian total, 21 juta lebih," ungkap Kasat.


Menindaklanjuti laporan korban, kata Kasat, sekira dini hari pukul 01.30 Wita tim langsung bergerak cepat melakukan upaya penyelidikan terkait keberadaan pelaku yang awalnya didapati informasinya sempat melarikan diri menuju Sumbawa Besar.


"Tim sempat dibuat terkecoh oleh pelaku, yang mana menurut keterangan keluarganya di Sumbawa Besar, terduga ternyata telah kembali ke Dompu," tandas Kasat melanjutkan.


Tak tanggung-tanggung, sekira Pukul 04.30 Wita, Tim Puma kembali ke Dompu untuk melanjutkan penyelidikan hingga akhirnya diperoleh informasi bahwa Terduga Pelaku berada di rumah di Kota Baru, Kelurahan Bada.


"Tak pikir panjang, Tim langsung menggerebek rumah terduga, meringkusnya tanpa perlawanan dan langsung digelandang ke Mapolres dengan barang bukti 14 unit handphone untuk diperiksa lebih lanjut, 2 lainnya, masih dalam pengembangan," papar Kasat.


Terkait kronologis, lanjut Kasat, berawal pada Kamis (8/6/2023) sekira Pukul 11.20 Wita bertempat di PT Garda Lintas Sarana, yang berlamat di lingkungan Karijawa Baru, Kelurahan Kariwaja, Dompu, terduga melancarkan aksinya.


Terduga bersama barang bukti, (Foto: Ist)


"Modus terduga mengambil pesanan Handphone Merk Xiaomi sejumlah 16 unit, atas nama Irawan, korban," terang Kasat.


Namun, tambah Kasat, dari pengakuan korban, terduga ini rupanya mantan karyawannya yang telah lama diberhentikan. Kemudian, barang bukti Handphone tersebut bukannya diantarkan ke Pemilik Pesanan malah justru di bawa kabur. 


"Untuk keperluan pengembangan, terduga kini tengah diproses lebih lanjut di Mapolres atas perbuatannya," pungkas Kasat. (Tim)

SepekanMore