Iklan

KamtibmasKodim DompuPolres Dompu

Pimpin Apel Di Lapangan Beringin, Kapolres Dompu Singgung Soal Banjir, Tanah Longsor dan Kerumunan

Dompu Siar
, Thursday, December 31, 2020 WAT
Last Updated 2020-12-31T13:54:08Z

 

Suasana Apel di lapangan beringin, (31/12), Foto: Ist

Dompu, Dompu Siar - Dalam rangka meningkatkan pengamanan libur panjang akhir tahun 2020 dirangkai dengan tahun baru 2021, Kepolisian Resort Dompu menggelar Apel Bersama. Kali ini bertempat di Lapangan Beringin Bupati Dompu, Kamis (31/12).

Kegiatan Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, S.H. S.I.K, selaku Inspektur Apel, berlangsung sekitar pukul 16.00 Wita hingga selesai.

Berdasarkan informasi yang diterima media dari PAUR Subbag Humas Polres Dompu, AIPTU Hujaifah menguraikan beberapa hal pokok sebagaimana yang disampaikan oleh Kapolres, antara lain seputar bentuk kegiatan pengamanan yang digelar oleh seluruh jajarannya.

Dalam penyampaiannya, kapolres menjelaskan bahwa Apel Gelar Pasukan dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan pengamanan libur panjang dan tahun baru 2021 baik dari aspek personil, saran dan prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya.

"Perayaan tahun baru secara umum dirayakan melalui kegiatan ditempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian yang sangat berpotensi dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas, Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol Covid-19," terang Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan arahan sebagaimana di atur dalam penyelenggaraan pengamanan libur panjang dan Tahun Baru 2021, Polri harus mengepankan kegiatan Preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional serta mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Kegiatan ini tidak boleh dianggap kegiatan rutin tahunan sehingga menjadikan kita cenderung Under Estimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat apalagi dimasa pandemi Covid-19," ungkap Pria berpangkat AKBP tersebut.

Kapolres juga mengingatkan kepada seluruh jajarannya bahwa momentum akhir tahun, banyak hal yang sangat mungkin terjadi. Terutama situasi yang dapat menimbulkan kerawanan gangguan nyata dan gangguan kamtibmas.

"Gangguan kamtibmas itu antara lain, Aksi teror Bom yang bisa terjadi dikeramaian, proyek, objek vital dan tempat-tempat penting," jelas orang nomor satu di lingkup Polres Dompu ini. 

Masih dari sumber yang sama, bahwa kapolres juga menyinggung persoalan yang berbentuk SARA, Masalah kemacetan, pelanggaran kecelakaan lalu lintas, juga sangat mungkin terjadi. 

Kapores juga tidak lupa mengingatkan terkait kemungkinan buruk yang terjadi saat musim hujan seperti saat ini. Seperti, banjir dan longsor dan sebagainya.

Tidak ketinggalan pula, Kapolres menyampaikan perihal penanganan Covid-19 yang belum terkendali. Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan semua pihak agar memantau aktifitas masih berkembang terutama yang mengundang kerumunan seperti, Perayaan Natal dan kegiatan keagamaan yang berada diluar tempat ibadah, Pesta perayaan Malam Tahun Baru, Arak-arakan, pawai dan karnaval, Pesta perayaan Kembang Api.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan tersebut berakhir pada pukul 16.30 wita berjalan dengan aman dan lancar. Selanjutnya personil gabungan yang terlibat dalam pengamanan malam tahun baru melaksanakan kegiatan Patroli Show Of Force di wilayah Kab. Dompu.

Tampak hadir pada Kegiatan Apel Gelar Pasukan ini, Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin. Dandim 1614 Dompu Letkol Ali Cahyono, S.Kom. Di samping itu, tampak juga Kepala BPBD Kab. Dompu Jufrin, ST, M. Si., Waka Polres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, S.H., Kabag Sumda Polres Kompol Ibrahim.

Tidak ketinggalan juga, Kabag Ops Polres Dompu AKP I Komang Astrawan, PJU Polres Dompu, Danki Brimob IPTU Sudirman, Personil TNI Kodim 1614 Dompu, Personil Polres Dompu, serta Personil BPBD, SatPol PP beserta Instansi terkait. (DS-RIF)

SepekanMore