Kabar SehatKesehatanObat Herbal

Bangle atau 'Banggulae, Tanaman Kampung Untuk Atasi 10 Penyakit Ini

Sunday, January 17, 2021, January 17, 2021 WAT
Last Updated 2021-01-18T04:53:02Z
Bangle atau 'Banggulae


Dompu Siar -
Pastinya publik tidak asing dengan jenis tanaman yang satu ini. Orang Dompu dan Bima menyebutnya dengan sebutan 'Banggulae. Salah satu tanaman yang biasa digunakan untuk jamu oleh masyarakat lokal, khususnya di Dompu dan Bima, Nusa Tenggara Barat.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Zingiber cassumunar Roxb atau Zingiber purpureum Roxb ini banyak dijumpai di hutan. Tidak sedikit pula petani yang menanamnya di sawah, kebun bahkan dipekarangan rumah mereka.

Bangle atau 'Banggulae merupakan jenis terna dari suku Zingiberaceae ini memiliki ciri khas berbatang semu, daun tipis, panjang dan meruncing, tinggi bisa mencapai 1,5 meter. Habitatnya di tanah lembab dan tidak terlalu tahan terhadap kekeringan.

Ciri lainnya, memiliki batang yang terdiri dari balutan pelepah daun, berbunga gelondong muncul di tanah, dari rimpang samping. Rimpang kuning kehijauan, rasa pedas dan pahit, aroma menyengat. Rimpang itu sendiri mengandung minyak atsiri; sineol, pinnen, seskuiterpen, mineral, albuminoidal, lemak, resin, serat, dan asam organik.

Sepintas memang terlihat seperti tanaman jenis rumput liar, tapi tahukah anda, kalau Bangle atau 'Banggulae ini ternyata khasiatnya luar  biasa banyak. 

Karena bersifat karminatif dan antiradang, maka tanaman ini di samping untuk menghangatkan badan, dapat pula digunakan untuk keringkan luka dan hilangkan rasa sakit. Selain itu, bisa juga untuk obati memar, rematik, menurunkan panas, serta berkhasiat mengurangi lemak dalam tubuh.

Berikut cara sederhana meracik Bangle atau 'Banggulae untuk atasi penyakit ini, seperti yang dilansir dari laman media Intisari Grid.

1. Pilek pada Bayi

Kupas dan cuci rumpang bangle hingga bersih. Tumbuk halus bersama dengan bawang merah, cengkih, dan kapulaga. Tempelkan pada ubun-ubun bayi saat ia tertidur.

2. Sakit Kepala atau Perut

Kupas dan cuci bersih rumpang bangle secukupnya. Tumbuk sampai halus lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

3. Bengkak

Cuci, parut, dan beri sedikit air pada rimpang bangle. Baurkan parutan pada bagian yang bengkak.

4. Rematik

Cuci dan tumbuk halus rimpang bangle dan lempuyang secukupnya. Beri sedikit air, borehkan pada bagian yang sakit setiap hari.

5. Kepala Pusing (vertigo)

Siapkan 2 jari rimpang bangle. Lalu cuci hingga bersih, parut, gosokkan pada tengkuk, dahi dan pelipis. Lakukan 1-2x sehari dengan takaran sama.

6. Masuk Angin

Siapkan setengah jari rimpang bangle, setengah jari rimpang lempuyang, setengah jari rimpang jahe, 1 (satu) jari rimpang kencur, dan 3 (tiga) jari gula aren.

Cuci lalu iris semua bahan. Tambahkan gula arena, rebus dengan 5 gelas air sampai tinggal setengah. Lalu saring setelah didinginkan. Minum 3x sehari masing-masing tiga per empat gelas.

7. Demam Kuning

Siapkan 1/2 rimpang bangle. Cuci hingga bersih, kemudian parut, beri 1 sdm air, peras dan saring. Beri 2 sdt madu, aduk, minum 2x sehari dengan takaran sama.

8. Memperjelas Pengelihatan

Ambil Satu jari (sebesar jari manis) rimpang bangle dan kunyit, 13 biji jintan hitam, segelas air.

Rebus ramuan sampai air tinggal setengah. Tunggu hingga dingin atau suam-suam kuku, minum setiap hari.

9. Menurunkan Berat Badan

Cara PertamaSatu jari rimpang bangle, satu jari rimpang temu hitam.

Cuci, parut, beri 1 sendok air perasan jeruk nipis, 2 sdm madu. Aduk rata, peras, lalu saring. Minum 2-3x sehari setengah gelas.

Cara KeduaSatu jari (sebesar jari telunjuk) rimpang bangle dan 7 lembar daun jati belanda.

Rebus bahan dengan segelas air sampai tinggal setengah. Minum saat suam-suam kuku, setiap hari selama sebulan.

10. Kencangkan Perut Kendur

Tumbukan rimpang bangle, tempelkan pada perut usai melahirkan.

Artikel ini tayang di Majalah Intisari Health dengan Judul "Tanaman Obat Sumber Antioksidan & Imunostimulan" yang ditulis oleh Heri Suyono.

Itulah beberapa khasiat dari tanaman Bangle atau 'Banggulae. Semoga bermanfaat! (ds-ma)

SepekanMore