Iklan

Cegah BanjirGotong RoyongHu'u

Cegah Dini Banjir, Polsubsektor Lakey Gotong Royong Bersihkan Parit

Dompu Siar
, Friday, January 15, 2021 WAT
Last Updated 2021-01-16T07:36:05Z


Gotong royong bersihkan parit, (16/1). Foto: Ist

Hu'u, Dompu Siar - Menyadari kondisi curah hujan yang intensitasnya masih relatif tinggi, tidak menutup kemungkinan berpeluang terjadinya banjir. Ditambah lagi, kondisi saluran drainase bahkan saluran air lainnya berukuran sempit, dangkal dan dipenuhi tumpukan sampah.

Apalagi sekarang, banyak wilayah di Kabupaten Dompu khususnya, dilaporkan banjir bahkan tanah longsor. Akibatnya, di samping kerugian secara materiil, banjir juga mengancam timbulnya korban jiwa.

Inilah yang menjadi alasan serta menjadi kekhawatiran anggota Polsubsektor Lakey. Setelah menyadari akan bahaya banjir, dapat terjadi di wilayahnya, bersama warga pihaknya langsung menggelar giat gotong royong.

Dilansir dari media publikasi Humas Polres Dompu, menyebutkan perihal kegiatan anggota Polsubsektor Lakey. 

"Pada Hari Jum'at, Tanggal 15 Januari 2021, sekitar Pukul 09.30 Wita, bertempat di Dusun Ncangga, Desa Hu'u, Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. Pihak Polsubsektor Lakey bersama beberapa pemuda dan warga setempat bergotong royong membersihkan parit atau selokan yang telah tertimbun oleh tanah yang turun ke selokan atau parit tersebut.

Dalam laporannya,  Kapolsubsektor Lakey, AIPTU Agusta menyampaikan, bahwa kegiatan itu dilakukan setelah pihaknya melihat kondisi parit cukup memperihatinkan. Saluran parit tersebut mengalami pendangkalan akibat tumpukan sampah dan tanah yang kemungkinan bawaan aliran banjir sebelumnya.

Kondisi yang demikian adanya praktis mendorong pihaknya untuk segera mengajak komponen masyarakat agar bersama mengambil bagian dalam upaya cegah dini akan terjadinya banjir.

"Selama tumpukkan tanah tersebut dapat menyumbat aliran air, kemungkinan besar air dapat meluap dan menyebabkan banjir merendam rumah warga sekitar," jelas Hujaifah mengutip laporan dari Kapolsubsektor Lakey.

Masih dari sumber yang sama, menyebutkan bahwa giat gotong royong Anggota Polsubsektor Lakey bersama elemen pemuda dan masyarakat tersebut, mendapat respon positif dari warga sekitar yang menyaksikan sekaligus ikut membantu kegiatan gotong royong.

"Kita juga mendapat dukungan dari masyarakat setempat, sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kepolisian khususnya Anggota Polsubsektor Lakey yang telah turut serta membantu dalam pelaksanaan gotong royong tersebut," terang Agusta.

Di samping itu, pihaknya tidak lupa mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran air.

Masyarakat juga diminta agar tetap waspada akan kemungkinan datangnya wabah Demam Berdarah Dangue (DBD) dan Covid-19. Untuk itu sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan, memakai masker, menutup tempat penampungan air serta menjaga jarak bila ada warga yang dikenai dampak wabah tersebut. (*ds-hd)

SepekanMore