Iklan

BanjirDesa KwangkoManggelewa

Banjir Bandang Desa Kwangko, Manggelewa, 4 Unit Rumah Hanyut

Dompu Siar
, Friday, February 05, 2021 WAT
Last Updated 2021-02-06T07:36:38Z

Kondisi banjir, Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa, (Foto/Net)


Manggelewa, Dompu Siar - Hujan dengan intensitas tinggi yang turun di wilayah selatan Kecamatan Manggelewa, mengakibatkan Banjir Bandang melanda hampir seluruh wilayah Desa Kwangko, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, termasuk wilayah Desa Mata Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa, Kamis, (4/2/2021) berlangsung sejak sore hingga pukul 23.00 Wita. 

Sebagaimana informasi yang dihimpun media dari Laporan Kejadian Bencana Banjir Bandang Kabupaten Dompu melalui laman BPBD, menyebutkan bahwa banjir bandang tersebut mengakibatkan sejumlah infrastruktur termasuk rumah warga mengalami kerusakan parah.

"Banjir bandang memberikan dampak kepada Bronjong dan tanggul +- 500m. Dam Krama Desa Kwangko Rusak berat. Rumah 4 unit rusak berat dan hanyut terbawa arus banjir. 70 unit rumah terendam banjir," tulis laman BPBD.

Dilaporkan pula bahwa Kepala BPBD Kabupaten Dompu telah turun kelapangan dalam penanganan kejadian, telah melakukan koordinasi dengan warga setempat untuk melakukan assessment terhadap warga terdampak dan kejadian bencana. 

Baca Juga : 4 Unit Rumah Hanyut Saat Banjir Kwangko, Polsek Manggelewa Turun Tinjau Langsung

"Keadaan saat ini air sudah mulai surut dan cuaca sudah mulai kondusif serta beberapa wilayah di Kab. Dompu terpantau berawan tebal," ungkap Kepala BPBD Kabupaten Dompu, Jufri, ST dalam keterangan tertulisnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Kwangko, Nursalam saat dikonfirmasi via mobile, menyebutkan, saat banjir nahas itu terjadi, pihaknya langsung menghubungi BPBD Kabupaten Dompu.

"Banjir merendam setidaknya 4 (empat) dusun. Saya juga telah menghubungi BPBD dan semuanya sedang dalam tahap perbaikan," pungkasnya. (ds-sb)

Tonton Video Berikut!



SepekanMore