Iklan

BabinkamtibmasPolsek WojaWoja

Intip Giat Bripka Supriyadin! Dari Tanam Pohon Hingga Bungkus Krupuk Bersama Emak-emak

Dompu Siar
, Wednesday, February 03, 2021 WAT
Last Updated 2021-02-03T13:42:33Z

Bripka Supriyadin


Woja, Dompu Siar - Sebagai bentuk kontribusi dan partisipasi dalam rangka memaksimalkan peranannya sebagai pengayom, pelindung sekaligus pembina di desa binaannya, Bhabinkamtibmas Desa Bara, Bripka Supriyadin menggelar rangkaian 2 (dua) kegiatan sehari.

Penanaman Pohon Bersama Bhabinkamtibmas!

Melansir informasi yang dipublikasi oleh Paur Humas Polres Dompu, saat mengkonfirmasi kegiatan Bhabinkamtibmas Desa Bara, Bripka Supriyadin.

"Kegiatan pertama sifatnya himbauan yakni, melaksanakan penanaman pohon jenis mahoni di sepanjang aliran sungai, tepatnya di Dusun Fo'o Mpongi, Desa Bara, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, yang terkena dampak paling parah saat banjir beberapa waktu lalu, buka Hujaifah.

Dalam laporannya, Bhabinkamtibmas Desa Bara, Bripka Supriyadin, tidak melakukan kegiatan  penanaman sendiri. Melainkan bersama dengan Pemerintah Desa Bara beserta staff, Babinsa dibantu oleh beberapa warga setempat, selasa (2/2/2021) sekira pukul 11.00 Wita.

"Ada sebanyak lebih kurang 350 bibit pohon mahoni yang kita tanam. Penanaman ini dimaksudkan agar tanah di tepi sungai tidak mengalami pengikisan. Di samping itu, mengingat pohon juga merupakan sumber oksigen bagi kita manusia," tutur Bripka Supriyadin.

Pada kesempatan yang sama, Bripka Supriyadin kembali mengingatkan semua yang hadir pada kegiatan penanaman tersebut, agar bersama-sama mematuhi protokol kesehatan, "sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan kemudian dikawal oleh Kepolisian Republik Indonesia melalui maklumat yang dikeluarkan oleh Kapolri agar kita selalu mengenakan masker ketika keluar rumah atau bepergian, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan".

Selang beberapa jam kemudian, Bripka Supriyadin kembali menggelar kegiatan Sambang Desa, juga di tempat sama, Dusun Fo'o Mpongi, Desa Bara. 

Sambangi Emak-mak Yang Tengah Membungkus Krupuk!

Kegiatan ini dimaksudkan guna memacu dan memberikan stimulus berupa dorongan semangat serta rasa kepercayaan diri kepada warga binaan.

Tidak tangggung-tanggung kali ini mengarah pada Ibu-ibu Rumah Tangga alias Emak-emak yang tengah membungkus krupuk untuk dijual. Tepatnya di Dusun Fo'o Mpongi, Desa Bara, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Provinsi NTB, Selasa, tanggal 2 Februari 2021 sekira pukul 14.00 Wita.

Dalam laporannya, Bripka Supriyadin menyampaikan, bahwa kegiatan ini dimaksudkan agar ibu-ibu rumah tangga di desa binaannya dapat terus mengembangkan ide dan kreatifitas terutama di bidang pengembangan usaha kecil dan menengah.

"Ini merupakan usaha sampingan yang biasa dilakukan oleh ibu-ibu yang ada di Dusun Fo'o Mpongi. Kata mereka, hitung-hitung untuk menambah penghasilan keluarga di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini," ungkap Bripka Supriyadin.

Lanjutnya, adapun krupuk yang dibungkus oleh sekelompok ibu-ibu itu rupanya disponsori oleh salah satu perusahaan penjualan krupuk di Desa Bara.

"Ada perusahan kerupuk di Desa Bara ini, biasa mengantarkan krupuk yang sudah digoreng. Setelah digoreng, pihak perusahaan memanfaatkan ibu-ibu yang kebetulan sedang kumpul-kumpul lalu diberikan krupuk goreng itu agar dibungkus," jelas Bripka Supriyadin.

Kemudian, katanya Bripka Supriyadin, "krupuk yang sudah dibungkus itu diambil lagi oleh pihak perusahaan untuk dipasarkan ke hampir seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Dompu dan sekitarnya. Sementara ibu-ibu 'tukang bungkus' tadi mendapatkan imbalan atau upah rupiah hasil dari membungkus krupuk."

Pesan Khusus Bhabinkamtibmas!

Pada momentum yang baik itu, dalam suasana penuh keakraban, Bripka Supriyadin tidak bosan-bosannya mengingatkan sekaligus menghimbau warga desa binaan khususnya terhadap ibu-ibu tersebut.

"Kami selalu ingatkan mereka agar senantiasa mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan, terutama memakai masker saat sedang berkerumun, mencuci tangan dan menjaga jarak. Mengingat Kabupaten Dompu saat ini sudah kembali lagi ke Zona Merah akibat pandemi Covid-19," pungkasnya.

Kehadiran Bhabinkamtibmas Desa Bara, Bripka Supriyadin, cukup mengagetkan ibu-ibu yang sedang asyik membungkus krupuk. Namun, meskipun kaget, mereka mengaku sangat senang disambangi oleh Bhabinkamtibmas kebanggaan warga Desa Bara tersebut.

"Kami sangat sangat senang, dan berterima kasih karena pak polisi mau bergabung melihat kegiatan kami yang seperti ini. Ya! Hitung-hitung buat kerjaan sampingan di saat pandemi ini, pak," ujar salah satu dari mereka. (ds-hd)

SepekanMore