Iklan

BNPB DompuDompuKebakaranMobil PemadamPolsek DompuSMU Kosgoro

Diduga Akibat Hubungan Arus Pendek, SMU Kosgoro Dompu Terbakar

Dompu Siar
, Monday, March 29, 2021 WAT
Last Updated 2021-03-30T02:41:42Z

Diduga Akibat Hubungan Arus Pendek, SMU Kosgoro Dompu Terbakar


Dompu, Dompu Siar - Diduga akibat hubungan arus pendek, dua lokal bangunan SMU Kosgoro, Kelurahan Bali I, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu hangus di lahap si jago merah, Selasa (30/3/2021) sekira pukul 03.30 Wita.

Kedua bangunan itu antara lain, 1 (satu) bangunan dua lantai yang di dalamnya ada Laboratorium Komputer dan 1 (satu) unit Rumah Penjaga Sekolah. Kerugian ditaksir mencapai 500 juta lebih.

Dari informasi yang dihimpun oleh petugas, awalnya insiden nahas itu diketahui pertama kali oleh Sumarni, istri penjaga sekolah.

"Awalnya Ibu Sumarni, istri penjaga sekolah, terbangun dari tidurnya lantaran merasakan hawa panas menyosor ke kamarnya. Ternyata kebakaran," Kapolsek Dompu, Ipda I Kadek Suadaya Atmaja, S.Sos., dalam keterangannya

Lanjut Kapolsek, seketika api dengan cepat menjalar di kedua bangunan. Praktis menghanguskan barang hingga peralatan penting di dalamnya. 

"Sadar api sudah meluas dan membesar, ia bergegas sambil menangis berteriak minta tolong," tutur Kapolsek.

Petugas baru mendapatkan informasi terjadinya Kebakaran SMU Kosgoro setelau diberitahu oleh Security Pegadaian cabang Dompu, Ardiansyah yang saat itu tengah piket Jaga.

"Ardiansyah langsung hubungi Anggota Polsek Dompu dan Dinas Pemadam kebakaran Dompu untuk segera mengirim bantuan ke lokasi," jelas Kapolsek.

Setelah menghubungi petugas, kata Kapolsek, 2 (dua) unit Mobil Tangki dikerahkan. Terdiri dari, 1 (satu) unit mobil Dinas Damkar, juga dibantu 1 (satu) Unit Mobil Tangki milik BNPB Kabupaten Dompu.

Sesaat kemudian, warga berdatangan dan langsung berupaya membantu memadamkan api. Namun, api tidak mampu dipadamkan hingga harus meminta pertolongan didatangkan Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar).

Kebakaran yang melanda 2 lokal bangunan SMU Kosgoro itu, mengakibatkan kerugian mencapai 500 juta rupiah, terdiri dari, 1 unit Rumah Penjaga SMU Kosgoro beserta isinya, 1 unit mobil Pickup Toyota Kijang, 1 set Alat Perlengkapan Pernikahan beserta Terop.

Di samping itu, 1 (satu) ruangan Laboratorium Komputer beserta isinya juga tidak luput dari sasaran ganasnya amukan api serta 1 unit mesin Bor yang di tempatkan di antara salah satu bangunan.

"Dugaan sementara kebakaran terjadi, diakibatkan oleh hubungan arus pendek listrik," terang Kapolsek.

Sampai tiba sekira pukul 06.58 wita, Anggota Inavis Sat Reskrim Polres Dompu melakukan olah TKP. 

Di lokasi juga telah dipasang Police Line untuk mencegah pengunjung agar mudah dilakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. (Ma)

SepekanMore