Iklan

EkonomiInfo BisnisKota BimaLintas NTBUMKM

Disperin Propinsi NTB Bantu Maksimalkan Kebutuhan Kemitraan BUMD Kota Bima Feat Penajam Kaltim

Dompu Siar
, Wednesday, March 31, 2021 WAT
Last Updated 2021-04-01T05:23:59Z

Disperin Propinsi NTB Bantu Maksimalkan Kebutuhan Kemitraan BUMD Kota Bima Feat Penajam Kaltim

 

Kota Bima, Dompu Siar - Terobosan demi terobosan, konsep demi konsep bahkan aksi demi aksi terus digenjot oleh Direksi dalam upaya memaksimalkan peran perumda di kancah nasional. 

Baru-baru ini, menindaklanjuti kunjungan bisnis, Perumda 'Benuo Taka' Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Propinsi Kalimantan Timur ke Kota Bima seminggu yang lalu. Beberapa poin kemitraan bisnis pun dibicarakan serius dengan Perumda Aneka Usaha - Kota Bima NTB.

Dalam hal ini, Perumda Bima Aneka, terus memaksimalkan komunikasi dengan berbagai pihak dalam rangka memenuhi permintaan Perumda 'Benuo Taka', khususnya, Produk-produk UMKM atau produk olahan pangan yang memang dibutuhkan di daerah Calon Ibu Kota Negara itu.

Oleh karena demikian, Pemerintah Propinsi NTB, melalui Dinas Perindustrian NTB turut mengambil dukungan peran dalam memaksimalkan kualitas produk dan kemasan produk.

"Hari ini kami melakukan kunjungan di Rumah-rumah Produksi UMKM Kota Bima yang produknya mendapatkan permintaan dari daerah Penajam Paser Utara Kaltim," ungkap, Helmi, Tim dari Perindustrian Propinsi NTB.

Menurut Ridho, dari bidang Industri Kreatif, Sandang dan Kerajinan yang juga bagian dari Tim menuturkan bahwa kebutuhan kuantitas dan kualitas produk.

Ungkapnya, selain karena ketersediaan dan mutu bahan baku dan higenisitas, juga ditentukan oleh alat atau instrumen produksi.

"Kami diperintahkan untuk melihat langsung rumah produksi UMKM untuk mengetahui kemampuan produksi, apakah akan mampu memenuhi atau tidak, identifikasi kendala dan apa saja prioritas kebutuhannya," jelasnya Ridho, disela-sela kunjungan ke Rumah Produksi Abon Tuna Khen Jaya Food - Kel Kolo Kota Bima siang tadi.

Sementara menurut Direktur Perumda Bima Aneka, Julhaidin, SE., mengapresiasi dukungan propinsi NTB dalam hal ini Dinas Perindustrian NTB yang telah berinisiatif mengambil peran dukungan dalam kerjasama Kemitraan antara BUMD Kota Bima dan BUMD Penajam Paser Utara.

"Kami sangat senang," ungkap lelaki gondrong yang baru saja di Lantik sebagai direktur BUMD Kota Bima pada, 15 Maret yang lalu.

Julhaidin mengaku, Dinas Perindustrian Propinsi NTB yakin akan ikut men-Support melalui identifikasi kebutuhan prioritas Rumah-Rumah Produksi UMKM Kota Bima. 

Di mana produk olahan rumah industri tersebut, diharapkan beredar luas di Penajam melalui BUMD 'Benuo Taka'. Dengan ini, jumlah produk yang diminta akan mudah dipenuhi.

Urai yang sama disampaikan sebelumnya, saat kunjungan Bisnis BUMD Kab Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim di Kota Bima pada 26 dan 27 Maret yang lalu.

Pemerintah Kabupaten Penaman Paser Utara yang dipimpin oleh Sekdanya, dan ikut serta di dalamnya, Direktur Perumda 'Benuo Taka', Heriyanto dan rombongan pejabat teras Kab PPU lainnya. 

Bahwasanya, BUMD Kab PPU membuka diri untuk Perumda Bima Aneka Kota Bima dalam  memenuhi kebutuhan komoditi pangan dan komoditi HHBK (Hasil Hutan Bukan Kayu) untuk masyarakat PPU saat ini.

Komoditi itu antara lain seperti Bawang Goreng Bima, Daging Sapi Bima, Madu, Kacang Mente, Abon Tuna, Kopi, kemiri dan jahe.

Sejurus dengan Kadis Perindustrian Propinsi NTB, Nuryanti, SE, ME yang dihubungi oleh media ini sore tadi, juga mengapresiasi Kerjasama yang dibangun oleh BUMD Kota Bima dan BUMD Penajam Paser Utara Kaltim. 

Untuk itu, Dinas perindustrian provinsi NTB menurunkan tim untuk memastikan bahwa IKM-IKM Kota Bima, siap untuk itu.

Baik dari sisi legalitas kelembagaan dan standarisasi produk serta memastikan ekosistim industri nya terpetakan.

"Iya, kemarin Tim berangkat ke Kota Bima untuk itu. Jadi tim turun untuk pendampingan agar IKM-IKM Kota bima lebih siap lagi dan kerjasama tersebut, harapan saya, dapat berjalan baik dan berkelanjutan. BUMD nya pun memiliki peran strategis yg harus juga di support," pungkas Nuryanti. (Red)

SepekanMore