Iklan

EkonomiInfo BisnisInspirasiKota Bima

Gelar Promosi Tanam Modal Dan Investasi, DPMPTSP Gandeng Direksi BUMD Kota Bima

Dompu Siar
, Wednesday, March 03, 2021 WAT
Last Updated 2021-03-03T16:10:09Z
Kegiatan Promosi Tanam Modal Dan Investasi
Kota Bima, (3/3). Foto: Ist


Kota Bima, Dompu Siar - Gelar Kegiatan Promosi Penanaman Modal dan Kerja Sama Investasi, Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bima menggandeng Direksi BUMD Kota Bima dengan tujuan meningkatkan Kapasitas Kerja Sama Investasi khususnya di Kota Bima, Rabu, (3/3/2021) yang bertempat di aula SMKN 3 Kota Bima.

Dengan standar protokol Covid yang ketat, kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Asisten Satu Kota Bima, Drs. H. Abdul Gawis. Tampak pula, Asisten II Kota Bima, Ir. Hj. Rini Indriani, Ka Disnaketrans Kota Bima, Ka DPMPTSP Kota Bima, Kadin, HIPMI Kab Bima juga turut hadir beraama puluhan peserta lainnya.

Dalam pembukaannya, Drs. H. Abdul Gawis, menekankan pentingnya kerjasama Investasi di Kota Bima. "Kota Bima sebagai Kota Jasa dan Perdagangan, tentu saja menjadi daerah yang diminati oleh para Investor, baik yang bergerak di bidang Jasa maupun perdagangan umum. Apalagi Kota Bima telah membentuk Perusahaan Umum Daerah yang siap bermitra secara sehat," ungkapnya. 

Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan ini, kepala BPJS Ketenagakerjaan Wil Bima Dompu, Rachman dan Direktur Perumda Kota Bima, Julhaidin. Dan tentu saja, Kabid Penanaman Modal dari DPMPTSP Kota Bima sebagai pembicara ketiga.

Rachman dalam pemaparannya, menjelaskan terkait pentingnya BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja Non PNS/ASN. "Ini menjadi penting bagi kita semua, dimana manfaat dan jaminan sosial dihari tua menjadi harapan seluruh pekerja non PNS/ASN," jelasnya sambil mendetailkan manfaat dan syarat menjadi keanggotaan BPJS yang dimaksud.

Sementara itu, Direktur BUMD Kota Bima, memaparkan tentang sejarah berdirinya BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Kota Bima, Rencana Bisnis dan Proyeksi Usaha masa depan.

Berdasarkan data BPS Kota Bima tahun 2020, bahwa Pertumbuhan Ekonomi Kota Bima
Nilai PDRB (Produk domestik regional bruto) Kota Bima atas dasar harga berlaku pada tahun 2019 mencapai Rp 4,03 Triliun. Naik Rp 324 Miliar dibandingkan tahun 2018.

"Untuk itu, Core Business Perumda Kota Bima ini adalah Penguatan UMKM, karena Sektor Perdagangan Dan Jasa menyumbang PDRB Kota Bima tertinggi dari sektor lainnya, yaitu 23,7%" Jelas lelaki yang biasa disapa Rangga Babuju ini.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh DPMPTSP Kota Bima ini, beberapa pertanyaan dilontarkan. Dominasi ditujukan kepada Perumda Bima Aneka - Kota Bima.

Lebih lanjut, Rangga menjelaskan secara detail, bahwa Strategi Pengelolaan Perumda Bima Aneka - Kota Bima adalah menggunakan Konsep Perusahaan Pengendali dengan Model Pengelolaan, Usaha Horisontal. "Kami menyusun Strategi Bisnis dalam Perumda ini dengan menggunakan pendekatan kecenderungan pasar era milenial. Yang pastinya, Perumda ini mendorong prinsip Penguatan dan peningkatan Value produk dari UMKM yang ada di kota Bima, melalui kelayakan kemasan," tegasnya disambut tepuk tangan peserta.

Sementara itu, Pembicara ketiga dari DPMPTSP Kota Bima, lebih kepada penegasan soal Perijinan terpadu, yang dulunya masih dikeluarkan oleh OPD terkait, kini, ada 86 Perijinan yang dikeluarkan melalui 'satu pintu' yang saat ini dikenal dengan NIB (Nomor Induk Berdagang) dan berlaku secara nasional. (Red)

SepekanMore