Iklan

EkonomiInfo BisnisInspirasiKota BimaMotoGP MandalikaUMKM

Meeting Dengan NSC, Perumda Kota Bima Didorong Untuk Tampil Di MotoGP Lombok Nanti

Dompu Siar
, Saturday, March 06, 2021 WAT
Last Updated 2021-03-06T09:42:59Z
Suasana Meeting NSC feat Perumda Kota Bima


Kota Bima, Dompu Siar - NTB Solution Centre (NSC), untuk ke sekian kali hadir di Kota Bima dalam rangka menindaklanjuti program-program penguatan UMKM di Kota maupun Kab Bima, guna menyambut salah satu event yakni, event MotorGP Lombok yang rencananya mulai digelar tahun 2021 ini.

Saat dikonfirmasi media ini, Sabtu (6/3/2021) sekira pukul 13.00 Wita.

Tampak gesture yang penuh semangat, Ketua NSC, Aishah Mohammed, P.hD didampingi oleh Dr. Nurlaila Kemal Hasyim, Akke M Draijeng De Jong, P.hD dan Hermawan Some, bertatap muka langsung dengan para penggiat UMKM Kota Bima, Pelaku Jasa Pariwisata dan Perwakilan STKIP Tamsis dan STIE Bima yang saat ini telah memiliki Inkubator bisnis. 

Pertemuan yang dihelat diruang VIP Illocake Kota Bima, sangat memotivasi para peserta, Kamis (4/3/2021) malam lalu.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Direktur Perumda Bima Aneka - Kota Bima, Julhaidin, Kabid Promosi Dan Ekonomi Kreatif Dispar Kota Bima, Buana Eka Putra, Kepala UPT BLK kab Bima, Mujahiddin, Direktur PT Bima Hutana Sejahtera, Ir. Irwan, dan Penasehat Komunitas TDA Bima, Ir. Khairuddin M Ali serta para perwakilan UMKM dan Pekerja Industri Kreatif Kota Bima.

Dalam pemaparannya, Dr. Aishah menjelaskan bahwa NSC ini merupakan grup perusaahan yang bergerak di bidang lingkungan, ekonomi, dan pariwisata.

"Grup ini memiliki jejaring investor yang tersebar di seluruh dunia. Seperti saat ini dihadapan anda sekalian, NSC membawa Investor dibidang Sampah Plastik, Pariwisata, dan Kopi," tuturnya sembari memperkenalkan satu persatu. 

Lebih lanjut, Dr. Aishah memaparkan bahwa pada Investor sangat tertarik untuk mengelola Kopi dari hilir ke hulu.

"Untuk Kopi, NSC akan memberikan pelatihan kepada para barista muda dan petani kopi. Sehingga Kopi lokal Bima memiliki trade Mark tersendiri. Tidak hanya itu, kami siap untuk menjadi master supplayer ke luar negeri yang memang membutuhkan kopi indonesia saat ini," jelasnya.

Dr. Nurlaila Kemal Hasyim, Wakil Ketua NSC yang membidangi kerjasama Kemitraan Luar Negeri menambahkan, bahwa permintaan kerjasama yang masuk saat ini adalah bahan mentah kopi NTB untuk kebutuhan event MotorGP Lombok 2021 nanti. 

"Satu project besar pemuda atau UMKM Bima saat ini yakni apa yang perlu dihadirkan menyongsong event Motor GP, jangan sampai saat event itu ada, tetapi Bima hanya berdiam diri,” ujarnya. 

Merespon tawaran itu, Direktur Perumda Kota Bima, Julhaidin yang memang diminta khusus untuk bicara soal peluang, potensi dan produk UMKM Kota Bima menjelaskan bahwa, ada banyak bahan baku untuk produk lokal UMKM di Kota Bima ini, mulai dari bahan baku usaha kuliner basah dan kering, Kria maupun produk diversifikasi pangan. 

"Kerja keras kami di Perumda ini adalah memaksimalkan bahan baku dan inovasi dari berbagai produk diversifikasi bahan pangan menjadi produk siap konsumsi maupun siap saji," ungkapnya. 

Julhaidin menambahkan, support systim nya yang menjadi kendala, yang membuat produksi UMKM sulit berkembang cepat. 

"Point-point pemaparan Direktur Perumda Kota Bima menjadi atensi khusus bagi NSC dalam memetakan kebutuhan produk," papar pria yang biasa di sapa Rangga Babuju ini. 

Lebih lanjut, Rangga juga menyinggung soal beberapa produk yang menjadi incaran para wisatawan Eropa, Australia dan Amerika latin adalah Jewawut (Bima: Witi), "dan produksi ini menjadi prioritas bagi NSC disamping Kopi dan Shorgum," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Perumda Bima Aneka dengan NSC akan melakukan pertemuan khusus membahas MoU kemitraan. 

"Itu semua dilakukan dalam rangka mempersiapkan Souvenir khas lokal Bima untuk kebutuhan para tamu wisatawan dan Penonton MotorGP Lombok dan even internasional lainnya yang akan saling mengikuti, kedepannya," pungkas Rangga. (Hb)

SepekanMore