Iklan

AndroidKota BimaSmart PhoneWali Kota Bima

Keren, Ketua RT Se Kota Bima Bakal Dapat HP Android?

Dompu Siar
, Friday, May 28, 2021 WAT
Last Updated 2021-05-28T12:11:54Z
Ilustrasi, Ketua RT Se Kota Bima Bakal Dapat HP Android?



Kota Bima, Dompu Siar - Gebrakan Pemerintah Kota Bima dalam upaya meningkatkan sekaligus mempercepat kinerja aparatur yang dipimpinnya, satu ini perlu diberikan apresiasi.

Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Kota Bima, berencana akan membekali Ketua RT Se Kota Bima dengan Hand Phone jenis Smart Phone, atau yang lebih dikenal dengan HP Android.

Dilansir dari harian online Gerbang NTB, menyebutkan, hal ini terbukti saat ini, Lurah sudah melakukan pengajuan pencairan anggaran pada BPKAD untuk pengadaan HP android tersebut untuk direalisasikan  kepada setiap ketua RT.

Wali Kota Bima, H. Muhammad Lutfie, SE., melalui Kabid Anggaran BPKAD Iwan Setiawan menjelaskan bahwa anggaran untuk pengadaan HP tersebut sudah tersedia dan setiap Kelurahan diharapkan segera mengurus pencairannya.

"Mekanisme pencairan anggaran HP android tersebut sebenarnya mudah, Lurah hanya perlu melakukan pengajuan dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan" kata Iwan. 

Lainnya, Kabag Prokopimda Kota Bima, H. Abdul Malik mengatakan, terkait fungsi dan tujuan subsidi HP tersebut adalah untuk menunjang kinerja para Ketua RT dalam mengkoneksikan setiap tugas maupun dinamika yang dihadapi di lingkungannya dengan server OPD terkait.

"artinya dengan menggunakan HP Android tersebut segala kebutuhan kerja para ketua RT dapat langsung diketahui oleh OPD terkait maupun Kepala Daerah," ujar Abdul Malik.

Abdul Malik menjelaskan, contohnya apabila terjadi bencana banjir suatu lingkungan dan Ketua RT setempat mengakses atau melaporkan pada Instansi terkait maka dengan segera Dinas terkait dalam hal ini BPBD dapat langsung mengetahui dan meresponnya.

"begitu juga dengan persoalan persampahan, dengan mengakses HP tersebut maka laporan ketua RT dapat langsung direspon OPD terkait yaitu Dinas Lingkungan Hidup," jelasnya. 

Untuk itu, sambung Abdul Malik, diharapkan juga dengan lewat HP android tersebut para Ketua RT dapat melaporkan situasi terkini di lingkungan masing-masing serta dapat mendata setiap warganya dengan akurat. 

Masih dari sumber yang sama, sebagai tambahan informasi, pemberian HP android untuk menunjang kinerja Ketua RT tersebut merupakan realisasi dari Visi Misi Walikota Bima saat kampanye Pilkada Kota Bima tahun 2018 lalu. 

Disebutkannya, pada tahun 2021 ini, Pemkot Bima di bawah kepemimpinan H. Muhammad Lutfi, SE., telah merealisasikan pengadaan sepeda motor operasional kepada para Bhabinsa untuk membangun dan menciptakan kondisi keamanan yang kondusif di setiap Kelurahan bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Lurah setempat.

Dengan demikian, HP Android tersebut merupakan aset dari milik Pemerintah Kota Bima yang dicairkan melalui keuangan Kelurahan 2021 dan akan diberikan kepada setiap ketua RT di seluruh Kelurahan se Kota Bima. (Ma/GN/TIM) 

SepekanMore