Iklan

H. Syahrul ParsanPemda DompuWakil Bupati Dompu

Meski 7 Kali WTP, Wabup Tetap Imbau Tuntaskan Persoalan Aset

Dompu Siar
, Tuesday, May 18, 2021 WAT
Last Updated 2021-05-18T13:27:09Z
Meski 7 Kali WTP, Wabup Tetap Imbau
Tuntaskan Persoalan Aset


Dompu, Dompu Siar - Meskipun Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST. MT., tetap memberikan penekanan pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab untuk serius tuntaskan persoalan Aset. 

Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Aset di ruang rapat Bupati (Kantor Pemda) Dompu, Selasa (18/5/2021) pagi waktu setempat.

"Aset di masing-masing OPD harus ditelusuri dan ditertibkan, baik yang sudah dialihkan maupun yang sudah dihapus dan salah satu indikator penting opini WTP adalah tatakelola aset yang sesuai ketentuan," imbau Wabup.

Sambung Wabup, sampai saat ini Pemda Dompu telah menorehkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak tujuh kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

"Untuk mempertahankan Opini WTP pada LKPD berikutnya, itulah alasan kenapa kita harus juga menuntaskan persoalan aset," katanya.

Wabup menyebutkan, penertiban aset harus segera dilakukan, baik aset dari Pemerintah Provinsi ataupun dari Pemerintah Pusat. 

"Intinya pemanfaatan aset agar sesuai dengan ketentuan," tandasnya. 

Pada rapat ini pun, juga dihadiri PJ. Sekda Dompu H. Moh. Syaiun, SH. M.Si., para Staf Ahli Bupati, Asisten Lingkup Setda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu.

Pada penyampaiannya Pj. Sekda Dompu  H. Moh. Syai'un, SH, M.Si, juga menyampaikan bahwa aset di masing-masing OPD perlu diketahui keberadaannya.

"Inilah alasan kenapa Rakor ini kita laksanakan untuk mengetahui kondisi real aset pada masing-masing OPD," imbuhnya. 

Ia mengaku, aset daerah apapun kondisinya harus bisa dipertanggungjawabkan.

"Perlu juga ada langkah-langkah tegas harus diambil setelah rapat ini untuk mengetahui kondisi fisik aset di lapangan," jelasnya. 

Disela waktu, Asisten Administrasi Umum (Asdum) Setda Dompu Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP., melalui penyampaiannya juga dalam rakor mengungkapkan, untuk mendapatkan data aset yang lebih akurat, maka dalam waktu dekat akan dibentuk tim yang khusus mengkoordinir aset. 

“Anggota Tim yang akan dibentuk nantinya adalah para pimpinan OPD  yang nantinya bertugas memeriksa kondisi ril aset," Tandasnya. (Red/TM. Kominfo Dompu)

SepekanMore