Iklan

PekatPilkadesPilkades 2021Polsek Pekat

Polsek Pekat Hadiri Rapar Pleno Terbuka Penetapan DPT Pilkades Kadindi, Berikut Rincian DPT Per TPS

Dompu Siar
, Friday, May 28, 2021 WAT
Last Updated 2021-05-28T13:03:50Z
Polsek Pekat Hadiri Rapar Pleno Terbuka Penetapan DPT Pilkades Kadindi, Berikut Rincian DPT Per TPS



Pekat, Dompu Siar - Kapolsek Pekat, IPDA Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos., turut hadir saat sidang (rapat) pleno terbuka dalam rangka Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Desa Kadindi, bertempat di Aula Kantor Desa Kadindi, Kecamatan Pekat, Dompu, Jum'at (28/5/2021) sekira pukul 16.00 Wita. 

Kehadiran Kapolsek tidak lain guna memastikan Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) jelang perhelatan pesta Demokrasi untuk warga Kadindi dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Dompu yang akan digelar Bulan Juni Tahun 2021 mendatang.

Informasi yang dihimpun media melalui Kasi Humas Polres Dompu, Handik Wijaksono menguraikan, dalam pelaksanaan rapat, juga turut disaksikan oleh Camat Pekat yang diwakili oleh Sekcam Pekat Darmawansyah, S.Sos, sekaligus memberikan sambutan saat kegiatan berlangsung.

"Untuk diketahui setelah di tetapkan dan ditandatangani oleh Panitia maka hasilnya tidak boleh ganggu gugat kecuali ada hal-hal lain seperti kematian," kata Sekcam.

Desa Kadindi, lanjut Sekcam, sudah dikenal oleh seluruh masyarakat dengan Desa yang aman, damai dan tentram untuk saya harap kita pertahankan jangan sampai kita cederai.

"Demokrasi yang baik adalah dimana proses atau setiap tahapan yang kita laksanakan dapat di pertanggung jawabkan kepada masyarakat," tungkasnya.

Berikutnya, sambutan dari Ketua Panitia Pilkades Desa Kadindi, Ahmad Ramli, S.Pd., sekaligus membuka Rapat Pleno.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan hadir dalam kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan kepala Desa Kadindi Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu," buka Ahmad.

Dijelaskannya, bahwa Penetapan DTP merupakan salah satu hasil perbaikan dari DPS yang kita laksanakan pada tanggal 30 April yang lalu.

"Waktu yang kita lewati lumayan panjang sehingga masukan dari Kadus, RT dan masyarakat dapat kita pertimbangkan sehingga ada sedikit perubahan dari DPS," bebernya.

Sehingga, sambung Ahmad, setelah di tetapkan tidak ada lagi yang bisa merubah atau pemilih tambahan yang bisa merubah lagi DPT yang sudah di tetapkan.

"Semoga setiap tahapan-tahapan yang kita lewati berjalan dengan aman dan tertib," harapnya.

Sedangkan Kapolsek Pekat Ipda Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos., dalam uraiannya menyebutkan, dari Kepolisian mengharapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Kadindi terlaksana dengan aman tertib dan lancar sesuai dengan asas pemilihan yaitu jujur dan adil.

"Apapun hasil dari DPT yang kita laksanakan pada hari ini untuk seluruh masyarakat bisa diterima dengan baik dan tidak ada lagi yang keberatan atau protes," tandas Kapolsek.

Kami dari pihak kepolisian sejak dini sudah melakukan penggalangan terhadap para calon maupun pendukung dan melakukan patroli rutin sebelum menghadapi Pilkades Desa Kadindi agar pasca pelaksanaan nanti berjalan aman sesuai yang kita harapkan bersama. 

"Karena kita masih dalam situasi Covid-19 agar semua tetap menjaga protokol kesehatan dan slalu menggunakan masker dalam setiap tahapan dan kegiatan yang kita laksanakan," tambah Kapolsek.

Turut hadir dalam rapat pleno tersebut masing-masing, Danramil Pekat yang di wakili oleh Serma Agus Bachtiar, Ketua BPD Desa Kadindi Caen A. Latif, Tokoh Agama dan Tokoh beberapa elemen masyarakat Desa Kadindi.

Berikut Rincian Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) Desa Kadindi;

a. TPS 1  

Laki - laki     : 126 

Perempuan : 114 

Jumlah.        : 240. 

b. TPS 2 

Laki - laki     : 251

Perempuan : 244

Jumlah.       : 495

c. TPS 3 

Laki - laki.     : 254

Perempuan. : 261

Jumlah.        : 515

d. TPS 4 

Laki - laki.     : 269

Perempuan. : 288

Jumlah          : 557

e. TPS 5 

Laki - laki     : 286

Perempuan : 296

Jumlah.       : 582

f. TPS 6

Laki - laki.     : 124

Perempuan  : 111

Jumlah         : 235

g. TPS 7 

Laki - laki     : 263

Perempuan : 269

Jumlah         : 532

Jumlah Total

Laki - laki.    : 1.573

Perempuan : 1.583

L + P             : 3.156


Usai penetapan, dilanjutkan dengan Penandatangan Berita Acara oleh Panitia Kepala Desa, Calon Kepala Desa Kadindi dan seluruh Kadus Desa Kadindi Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

D. Kegiatan Rapat Pleno Terbuka Rapat Pleno Terbuka  Penetapan Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) Pemilihan Kepala Desa Kadindi berakhir pada 17.15 Wita, berjalan aman dan lancar. (Sb)

SepekanMore