Iklan

BimaBupati BimaBupati DompuInspirasiPariwisataSandiaga UnoWali Kota BimaZulkiefliemansyah

5 Fakta Seputar Kunjungan Sandiaga Uno Di Bima, NTB

Dompu Siar
, Monday, June 14, 2021 WAT
Last Updated 2021-06-14T12:39:50Z
(Foto: Ist) Sandiaga Uno Di Bima, NTB


Bima, Dompu Siar - Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, di Bima, dalam rangka pencanangan Desa Maria sebagai ikon Pengembangan Desa Wisata di Indonesia ke depan, Minggu (13/6/2021) kemarin masih menyisakan banyak cerita.

Di mulai ketika rombongan turun, disambut dengan tarian tradisional, ikut menyaksikan pacuan kuda di Panda, mengisi kuliah umum tentang ekonomi kreatif di STKIP Taman Siswa, hingga menghabiskan agenda malam di alun-alun wisata Pantai Lawata.

Dari sekian banyak Run Down acara yang diikuti oleh Menteri Kabinet Kerja Jilid II itu, ternyata tidak terpisahkan dari fakta-fakta berikut.

1. Dihadiri 3 Selebriti Tanah Air

Turut hadir mendampingi kunjungan Bang Sandi dalam rangkaian kegiatan Anugerah Desa Wisata 2021 untuk Desa Maria, Kecamatan Wawo, Bima yakni 3 (tiga) selebriti tanah air.

Masing-masing Atta Halilintar, yang dikenal sebagai Creator Youtuber terkaya se tanah air. Atta hadir bersama sang istri yang juga seorang selebritis (artis, red) terkenal, Aurel Hermansyah. 

Selain keduanya, ikut mendampingi Sandiaga Uno yakni, Rigen Rakelna. Ia merupakan putra asli Bima yang berhasil menjadi selebriti nasional lewat ajang Komika Tanah Air dan menjadi juara pertama Suci 5, Kompas TV. 

2. Dihibur Kesenian Tradisional

Beberapa produk kesenian tradisional tampak menghibur rombongan salah satu Menteri Terkaya era Jokowi ini, antara lain, Tarian Khas Wura Bongi Monca.

Di samping itu, rombongan juga dihibur dengan tarian Buja Kandanda, Kesenian Bela Diri Lokal Gentao, Alunan Musik Khas Kareku Kandei.

3. Didampingi 4 Kepala Daerah

Sejak turun dari Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Rombongan Sandi, disambut hangat dan didampingi oleh 4 (empat) Kepala Daerah sekaligus selama kunjungan.

Empat unsur Kepala Daerah tersebut masing-masing, Gubernur NTB sendiri, Dr. H. Zulkifliemansyah., Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, SE., Walikota Bima, H. Muhammad Lutfie, SE., serta Bupati Dompu, Kader Jaelani.

(Foto: Ist) Sandiaga Uno melihat hasil
kerajinan tangan khas


4. Disuguhi Kerajinan Khas

Berbagai macam produk ekonomi kreatif tersaji melengkapi pernak-pernik khas Bima. Selain Kesenian Daerah, hasil kerajinan tangan, seperti kuliner, tenunan khas, miniatur Uma Lengge dan kreasi seni rupa lainnya. 

Khusus untuk tenunan, Sandi Uno menyempatkan diri melihat proses pembuatan sarung di Kampung Tenun Ntobo

"Kali ini kami berkunjung ke Kampung Tenun Ntobo, NTB. Melihat produksi tenun yang dikelola Ibu Yuyun, pemilik Rumah Tenun Dina yang saat ini bersama ratusan pengrajin lainnya mati suri akibat pandemi covid-19," dilansir dari laman Facebook Sandiaga Salahudin Uno.

Kemenparekraf juga, melihat ini sebagai tantangan namun juga sekaligus peluang. Kami siap berikan bantuan, menyiapkan strategi khusus untuk Ibu Yuyun beserta ratusan pengrajin tenun di Kota Bima untuk bisa kembali bangkit. Bahkan, kita bisa bidik pasar ekspor. 

Juga dikatakan, kesiapan Sandi untuk memberikan bantuan berupa permodalan, hingga pelatihan keterampilan, khususnya digitalisasi UMKM yang meliputi penjualan online hingga pembuatan konten kreatif.

(Foto: Ist) Sandiaga Uno di Arena
Pacuan Kuda, Panda


5. Diajak Ke 4 Destinasi Wisata

Sebelum bertolak ke Uma Lengge, Desa Wisata Maria, Wawo, Rombongan Sandi sempat mampir untuk menonton Pacuan Kuda di Panda, Kecamatan Belo Bima.

Melansir laman Facebook Sandiaga Salahudin Uno, menyebutkan bahwa Menteri Sandi, Atta, Aurel dan Rigen mengaku antusias dan takjub melihat aksi para Joki Cilik yang menunggangi kuda pacuan.

"Saya dibuat takjub dan antusias menyaksikan kelincahan para juki atau joki cilik yang beradu cepat dengan kuda-kuda asal Sumbawa, Lombok, dan NTT," tulis Sandi.

Dikatakannya, Pacoa Jara Panda atau dalam bahasa Indonesianya Pacuan Kuda, merupakan salah satu tradisi yang ada di masyarakat Bima yang belakangan semakin banyak digemari. 

"Event yang digelar 4 kali dalam satu tahun di arena pacuan kuda kini, menarik banyak antusiasme masyarakat lokal, nasional, bahkan mancanegara karena keunikannya," lanjutnya.

Melihat potensi yang ada, sambung Sandi, selaku Kemenparekraf akan memberikan perhatian lebih kepada revitalisasi fasilitas, sarana prasarana dan juga mengangkat event ini menjadi event nasional. 

"Saya mengajak Youtuber Atta Halilintar, Aurel Hermansyah serta Rigen Rakelna yang berasal dari Bima untuk ikut andil mempromosikan budaya serta beragam produk ekonomi kreatif khas NTB," ujar Sandi semangat.

Beberapa Destinasi Wisata lain yang diperkenalkan di hadapan Rombongan Sandi Uno seperti, Pantai Kalaki, Pantai Ama Hami serta Destinasi Wisata Pantai Lawata, Bima. (Red)

SepekanMore