Iklan

Desa SukadamaiEkonomiKelautanManggelewaPerikanan

Perdana, 5.000 Benih Ikan Nila dari DKP Dilepas di Embung Sanggopa Sante, Suka Damai, Manggelewa

Dompu Siar
, Friday, June 25, 2021 WAT
Last Updated 2021-06-25T13:04:10Z
5.000 Benih Ikan Nila dari DKP Dilepas
di Embung Sanggopa Sante, Desa Suka Damai, Manggelewa



Manggelewa, Dompu Siar - Pemdes Desa Suka Damai dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Dompu, melepas 5.000 benih Ikan Nila di Embung Sanggopa Sante, Desa Suka Damai, Kecamatan Manggelewa, Jum'at (25/6/2021), sekira pukul 10.00 Wita.

Bibit tersebut merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Dompu sebagai stimulus agar keberadaan Embung dapat dirasakan manfaatnya selain untuk sistem pengairan.

Kades Sukadamai, Mustanadi, S.Sos., melalui Sekretaris Desa, Maswan, S.Pd.i pada media ini menyebutkan, bibit ikan itu diserahkan dan dilepas langsung oleh Jaenudin selaku perwakilan pihak DKP Kabupaten Dompu.

"Hadir dan disaksikan juga oleh beberapa tokoh Masyarakat Desa Suka Damai," ungkap Maswan.

Lanjutnya, penaburan benih ikan Nila merupakan bagian dari Program yang pernah di pernah diusulkan oleh Pemerintah Desa Suka Damai sejak lama.

"Tapi Alhamdulillah sudah bisa terealisasi," imbuh Maswan.

Lebih lanjut, Maswan menjelaskan, tujuan dari ini adalah untuk memanfaatkan Embung dan daerah aliran sungai yang ada di Desa Suka Damai dengan secara baik, "agar ekosistem air dapat terjaga dengan baik dan seimbang," jelasnya.

Maswan berharap, dengan adanya penaburan benih Ikan Nila akan membuat seputaran bantaran Embung akan menjadi terawat, bersih dan termanfaatkan secara baik.

Serah terima benih Ikan Nila dari Dinas
Kelautan dan Perikanan pada
Pemdes Sukadamai

"Kita tentunya berharap budi daya Ikan Nila ini dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat, dan tidak ada lagi Masyarakat yang melakukan penangkapan dengan cara meracuni ikan.

"Ataupun dengan cara lain yang berpotensi rusak ataupun punahnya perkembangbiakan ikan tersebut," pungkasnya mengakhiri. (Far)

SepekanMore