Iklan

Bupati DompuHeadlineInfo BisnisPemda DompuWakil Bupati Dompu

Perdana, Bupati Dompu Lepas Tol Laut, di Pelabuhan Kelas III, Calabai

Dompu Siar
, Monday, June 21, 2021 WAT
Last Updated 2021-06-21T13:50:10Z
Perdana, Bupati Dompu Lepas Tol Laut,
di Pelabuhan Kelas III, Calabai


Pekat, Dompu Siar - Pemotongan pita oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani, menandakan Tol Laut resmi dibuka dan dilepas di Unit Kerja Pelabuhan Kelas III, Calabai, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB, Senin (21/6/2021) sekira pukul 15.30 Wita.

Turut mendampingi Bupati dalam momen bersejarah ini antara lain, Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT., Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar. 

Tamu khusus, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB Bapak Drh. Khaerul Ihwan M.Sc., 

Hadir pula, Dandim 1614 Dompu Letkol Parali Cahyono, S.Kom, S.TM., Kapolres Dompu yang diwakili oleh Kapolsek Pekat, Ipda Muh. Sofyan S.Sos dan Kasat Polairud Iptu L. Muh. Iksan, 

Di samping itu tampak juga, Camat Pekat Gunawan, S.E., Danramil Pekat Kapten Inf Muhammad Kasim ASD., Kepala Kantor UPP Kelas III Calabai Hani Mamengko, SH. M.Si, serta tamu undangan sekitar 100 orang.

Informasi yang dihimpun awak media ini menyebutkan, bahwa kegiatan Pelepasan Perdana Jalur Tol Laut yang dimaksud merupakan upaya membangun konektifitas dalam penyaluran logistik terutama hewan ternak. 

Dalam penyampaiannya, Bupati Dompu, mengungkapkan bahwa dengan dibukanya jalur Tol Laut tersebut, menandakan Kerja sama dengan instansi terkait, Pemerintah Kabupaten Dompu dibuka secara resmi.

"Atas aspirasi dari masyarakat dan upaya dari berbagai  pihak kita bisa melaksanakan Pelepasan Kapal Tol Laut khusus ternak di Pelabuhan Calabai," kata Bupati dalam sambutannya.

Kapal tersebut, paparnya, mampu membawa hingga 500 sapi dalam satu kali perjalanan sesuai dengan penugasan dari Kementerian Perhubungan. 

"Potensi perekonomian di Kabupaten Dompu  sangat menjanjikan terutama kegiatan usaha peternak sapi sebagai komoditi utama," jelas Bupati.

Untuk itu, Bupati mengajak, agar semua pihak dapat memanfaatkan keberadaan Tol Laut ini semaksimal mungkin, "untuk tidak hanya mengirim sapi hidup tetapi juga dalam bentuk daging maka keuntungan akan lebih banyak," pinta Bupati.

Sejurus dengan penyampaian Bupati, Kepala Kantor UPP Kelas III Calabai Hani Mamengko, SH, M.Si, dalam pengantarnya menyampaikan ungkapan terima kasih atas dukungan kerja sama dari Pemerintah Kabupaten Dompu.

"Saya atas nama Kementerian  perhubungan melalui kementerian Jendral  Perhubungan Laut  berterima kasih  kepada pemerintah Kabupaten Dompu telah  mencanangkan dan mensukseskan Peresmian Kapal Pelabuhan Tol  Laut khusus ternak di Pelabuhan Calabai," ujar Hani.

Lanjutnya, Hani merasa, bahwa pada hari ini merupakan suatu tanda berkah di Kabupaten  Dompu akan dimulainya angkutan Pelabuhan  tol khusus pelabuhan ternak.

Perdana, Bupati Dompu Lepas Tol Laut,
di Pelabuhan Kelas III, Calabai


Hani mengaku, "sebelumnya banyak tahapan yang lewati dengan berbagai persoalan tapi saya mengapresiasi kepada pemerintah Kabupaten Dompu atas jerih payah sehingga terlaksana kegiatan ini," imbuhnya.

Namun, ungkap Hani, pada tanggal 07 Juni kami melakukan audiensi dengan Direktur Jenderal  Perhubungan laut dalam kurun waktu beberapa hari, alhamdulillah pada hari ini saksikan bersama akan dimulainya angkutan ternak di Pelabuhan Calabai. 

"Saya orang pendatang merasa bangga dengan adanya pelabuhan tol laut khsus ternak di Pelabuhan Calabai," ujar Hani bangga.

Hani juga berharap, agar dengan dibukanya akses Tol Laut tersebut tentunya dapat dimanfaatkan tidak hanya pada momen Idul Adha, tapi juga dapat diakses setiap hari.

Senada, terdengar dalam penyampaian sambutan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB Bapak Drh. Khaerul Ihwan, M.Sc, yang juga mengaku bersyukur atas dibukanya Tol Laut tersebut.

"Atas usaha kita bersama alhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanakan Pelepasan Perdana Tol Laut Khusus Ternak Melalui Pelabuhan Calabai," kata Khaerul.

Lanjutnya, di Kabupaten Dompu seharusnya dilaksanakan di atas tanggal 20, tetapi atas  kerjasama semua pihak dan perjuangan Bapak  Bupati Dompu acara dapat dilaksanakan hari ini.

"Sesuai dengan program Jara Pasaka Pengembangan ternak itu hal yang paling di unggulkan di Kabupaten Dompu," ujar Khaerul semangat.

Perdana, Bupati Dompu Lepas Tol Laut,
di Pelabuhan Kelas III, Calabai


Hal seperti ini, jelasnya, harus benar-benar dimanfaatkan bagaimana tol laut ini datang dari Jakarta dengan kosong, Dompu harus siap mengirim komoditi yang lain. 

"Mudah-mudahan ini semua akan bermanfaat bagi kita dalam mewujudkan perekonomian di Kabupaten Dompu," pungkasnya.

Acara pembukaan sekaligus pelepasan Tol Laut, diawali Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, ditutup dengan Doa bersama yang dirangkaikan dengan sesi pemotongan pita dan Pelepasan Perdana tol laut dengan Kapal KM. Camara Nusantara IV, di Pelabuhan Kelas III Calabai, Pekat. (Sb)

SepekanMore