Iklan

Bupati DompuDPRD DompuKempoKodim DompuPemda DompuPolres DompuWakil Bupati Dompu

4 Manfaat SPBU 1 Harga di Kempo, Usai Diresmikan Bupati Dompu, Apa Saja?

Dompu Siar
, Monday, June 21, 2021 WAT
Last Updated 2021-06-22T02:34:37Z
(Foto: Ist) Momen Peresmian SPBU 1 Harga
Di Soro, Kempo



Kempo, Dompu Siar - Bupati Dompu, Kader Jaelani, telah meresmikan SPBU 1 Harga dengan nomor 56.842.06, tepatnya di Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu.

Bupati menyebut, Dirjen Migas di awal tahun 20021 sudah menerbitkan 330 lokasi di 115 kabupaten yang yang penugasannya diberikan kepada PT Pertamina Persero atau Badan menerima penugasan lainnya.

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, dari target 330 lokasi, Provinsi Nusa tenggara barat mendapat alokasi 19 lokasi. 

Sedangkan, khusus untuk Kab Dompu mendapat tempat dan lokasi yaitu Kecamatan Pekat Tahun 2020, Kecamatan Kempo Tahun 2020,  Kecamatan Hu,u tahun 2021 dan Kecamatan kilo tahun 2020.

"Untuk Kecamatan Pajo sudah diusulkan," ungkap Bupati saat memberikan sambutan di acara peresmian SPBU 1 Harga, Senin Sore (21/6/2021).

Apa Itu SPBU 1 Harga?

Pimpinan PT. Pertamina (Persero) melalui pimpinan Cabang Bima Raden Tri Wahyu Sbm, menyebutkan, SPBU ini merupakan komitmen dari Pertamina yang merupakan manifestasi dari visi pihaknya untuk terus menyalurkan energi hingga ke pelosok negeri. 

"SPBU ini merupakan perintah langsung dari presiden melalui kementerian ESDM untuk menunjuk daerah yang dinilai masih membutuhkan SPBU dan titik-titik yang memang dibutuhkan pasokan BBM," ungkap Raden Tri.

Hal ini bertujuan, sambungnya untuk menunjang ekonomi khususnya daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil) yang belum terdapat penyalur yang mengakibatkan adanya harga BBM di luar harga yang ditetapkan pemerintah.

Untuk itu, lanjutnya, pihak PT. Pertamina menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh instansi vertikal yang hadir dalam rangka peresmian SPBU tersebut.

Ia mengaku, SPBU dengan nomor 56.842.06 ini sudah resmi beroperasi sejak 31 Mei 2001 dan pihaknya turut berbahagia atas beroperasinya 1 (satu) unit lagi berlokasi di Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Dompu. 

Apa Saja Manfaat Kehadiran SPBU 1?

(Foto: Ist) Momen Peresmian SPBU 1 Harga
Di Soro, Kempo

1. Tersedia Lapangan Kerja

Pimpinan PT. Pertamina Cabang Bima, Raden Tri Wahyu Sbm, berkomitmen bahwa pihaknya akan terus membangun SPBU serupa di lokasi yang merupakan tulang punggung ekonomi bagi masyarakat.

"Dengan adanya SPBU tentunya akan menguntungkan bagi masyarakat dan bisa menampung tenaga kerja kemudian akan membangun ekonomi di Kecamatan Kempo," ujarnya.

SPBU ini, kata Raden, kemungkinan besar akan  mendukung adanya kegiatan komersial lainnya seperti masuknya minimarket dan lain-lain.

2. Penggerak UMKM Sektor Energi

Tambah Raden, pihaknya juga bekerjasama dengan kementerian Dalam negeri sebagai bentuk komitmen pihaknya memperluas jaringan penyalur melalui program di akhir tahun ini.

"ada sebanyak 12.000 lokasi akan beroperasi di Indonesia khususnya di akhir tahun ini ada sekitar 4 sampai 6 lokasi akan beroperasi dengan biaya yang lebih murah dari SPBU lainnya," bebernya.

Harapannya, imbuh Raden, juga bisa mengajak masyarakat kecil UMKM untuk bermitra bersama kami menyalurkan energi ke pelosok negeri.

3. Regulasi Harga dan Distribusi Jadi Murah sekaligus Mudah

Hal ini disampaikan oleh Bupati Dompu, Kader Jaelani, melalui sambutannya juga dalam acara ini.

"Pada momen yang baik ini, bahwa pendirian SPBU 1 harga demi mewujudkan keadilan energi di seluruh wilayah Indonesia, presiden republik Indonesia mencanangkan kebijakan BBM satu harga," 

Kebijakan tersebut, kata Bupati, di latar belakangi oleh mahalnya harga BBM di tiap wilayah terutama di Indonesia bagian timur Daerah tertinggal.

"Dengan di bangunnya BBM 1 Pintu bertujuan untuk mendorong implementasi dan kemajuan daerah dan lingkungan kementerian ESDM juga menerbitkan regulasi turunan yaitu surat keputusan direktur jenderal migas terkait lokasi untuk pendistribusian jenis BBM tersebut," ungkapnya.

Dengan adanya BBM ini, tandasnya, masyarakat tidak perlu lagi  membeli BBM dengan harga mahal selisih pembelian tersebut dapat ditabung atau digunakan untuk membeli keperluan lain.

Hal tersebut, urainya, tentunya akan mengurangi biaya produksi sehingga menjadikan harga barang dan jasa menjadi lebih rendah dan mudah diakses oleh masyarakat kita.

(Foto: Ist) Momen Peresmian SPBU 1 Harga
Di Soro, Kempo


4. Pendorong Percepatan Aktifitas Ekonomi Di Bidang Perikanan, Peternakan dan Pertanian

Lanjut Bupati, seluruh lapisan masyarakat kecamatan Kempo khususnya menyampaikan berita gembira dengan kehadiran SPBU BBM satu harga. 

Menurutnya, keberadaan SPBU ini akan menjadi penopang bagi kemajuan perekonomian masyarakat kecamatan dan sekitarnya serta akan mendorong percepatan tumbuh kembangnya aktivitas perekonomian di wilayah yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Hal ini tentunya perlu untuk disyukuri bersama oleh kita semua paling tidak dengan kehadiran SPBU BBM ini pemenuhan BBM bagi masyarakat akan lebih dekat dan cepat serta memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan BBM tanpa harus ke tempat lain yang jauh dengan demikian masyarakat dapat menghemat biaya transportasi," terangnya. 

Masih menurut Bupati, dengan hadirnya stasiun pompa bensin umum atau SPBU ini memberikan dampak yang baik bagi perputaran ekonomi di segala sektor, tentu yang dapat memberi nilai tambah bagi warga masyarakat.

"Seperti usaha warung makan yang menyediakan aneka menu khas kempo dengan memanfaatkan potensi kelautan yang melimpah warung kopi pusat oleh-oleh dan aneka kuliner lainnya," jelas Bupati.

Bupati mengaku, Kehadiran SPBU memang di skenario untuk mendukung kebutuhan masyarakat atas BBM terutama di sektor perikanan pertanian dan peternakan yang kita ketahui bersama ada dan banyak di Kecamatan Kempo.

5. Memudahkan Pasokan Energi Untuk Pelabuhan Kempo

Sebagaimana diketahui, di Kecamatan Kempo, terdapat pelabuhan laut satu-satunya milik pemerintah Dompu yang kesemuanya memerlukan dukungan keberlangsungan suplai bahan bakar guna menunjang operasional produksi dan produktivitasnya. 

Bupati berharap, ke depan Pelabuhan Soro akan lebih dioptimalkan sebagai pintu masuk dan keluar barang dan komoditi untuk kebutuhan dalam daerah dan ekspor Kabupaten Dompu. 

"Alhamdulillah di sekitar pelabuhan masih tersedia lahan yang cukup untuk pembangunan gudang dan berbagai rencana pengembangan pelabuhan di masa depan," imbuh Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati menghimbau, kepada segenap komponen masyarakat untuk ikut ambil bagian menjadi atau menjaga dan memelihara keberatan aspek penting ini.

"Sehingga pelayanan kebutuhan BBM dapat berkesinambungan dan selanjutnya kepada pengelola SPBU agar dapat melayani masyarakat sebaik-baiknya dengan menjual atau sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku dengan demikian mendorong semua pihak untuk ikut memiliki dan memelihara sarana penting ini," tutupnya.

(Foto: Ist) Momen Peresmian SPBU 1 Harga
Di Soro, Kempo


Turut mendampingi Bupati, di acara peresmian SPBU ini, antara lain Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri A.Md., Par, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.kom, Kapolres Dompu di Wakili oleh Wakapolres Dompu Kompol Abdi Mauluddin S.sos, Anggota Forkopimda, Organisasi perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Dompu, 

Spesial terima kasih kepada Pimpinan PT. Pertamina (Persero) cabang Bima Bapak Raden Tri Wahyu Sbm, serta Direktur PT. Rangga Eka Pratama Energi.

Hadir pula, Forum Koordinasi Pimpinan Camat (Forkopimcam), Kepala Desa se-Kecamatan Kempo, Tokoh agama dan masyarakat Desa Soro Kecamatan Kempo dan lainnya. (Red/Diskominfo Dompu)

SepekanMore