Iklan

HukumPatroliPeristiwaPertikaianPolsek ManggelewaVaksinasi

Cegah Konflik Susulan Antar Warga Petani Bawang di Nanga Tumpu, Polsek Manggelewa Gandeng Pemdes Patroli Cipkon

Dompu Siar
, Sunday, July 04, 2021 WAT
Last Updated 2021-07-04T17:45:33Z
Patroli Cipkon Kamtibmas,
di Desa Nanga Tumpu, Minggu (4/7/2021)
Malam


Manggelewa, Dompu Siar - Kapolsek Manggelewa, Iptu Abdul Malik, SH., menggandeng Kepala Desa Nanga Tumpu, Abdul Azis, S.Sos., untuk melakukan patroli Cipkon Kamtibmas, pasca insiden penyerangan yang terjadi pada Minggu pagi, di Desa Nanga Tumpu, Kecamatan Manggelewa, Dompu, Minggu (4/7/2021) sekira pukul 20.30 Wita.

Insiden penyerangan itu sendiri terjadi di areal pertanian bawang di Dusun Mekar Sari, Desa Nanga Tumpu, melibatkan 2 (dua) kelompok warga asal Kabupaten Bima, yakni warga asal Desa Lido dan Desa Ngali, Kecamatan Belo, saling bacok.

Akibatnya, dua orang warga, masing-masing JM (32), asal Dusun Tonggo Ndoa Desa Lido dan JF alias DU (30) warga Desa Nanga Tumpu, mengalami luka cukup serius akibat sabetan senjata tajam.

Maka, Kapolsek Manggelewa, dalam keterangannya menyebutkan, untuk memastikan kondisi warga benar-benar aman, tertib dan kondusif, Personil Polsek di bantu oleh Perangkat Desa Setempat menyisir rumah-rumah warga.

"Kegiatan tersebut berlangsung sekitar pukul 20.30 wita, yang mana dalam giat tersebut personil menghimbau para pemuda desa setempat yang nongkrong dan duduk di pinggir jalan diminta pulang ke rumah masing-masing," kata Kapolsek.

Hal itu dilakukan, lanjutnya, tidak lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti saat kejadian.

Kapolsek juga menyampaikan pada warga setempat untuk tidak terprovokasi dengan informasi yang tidak benar dari pihak lain yang sengaja memanfaatkan situasi.

Patroli Cipkon Kamtibmas,
di Desa Nanga Tumpu, Minggu (4/7/2021)
Malam

"Kita ingatkan warga agar tidak terpancing oleh oknum yang ingin memanaskan situasi terkait dengan permasalahan perkelahian tadi pagi di lahan tanam Bawang tersebut," tandas Kapolsek.

Terkait masalah perkelahian sebelumnya, semua dalam penanganan aparat penegak hukum, dalam hal ini Kepolisian Sektor Manggelewa.

"Persoalan tadi pagi, oleh pihak keluarga, sudah sudah menyerahkan sepenuhnya pada Pihak keamanan untuk ditangani," terang Kapolsek.

Pada kesempatan, Kapolsek bersama Pemerintah Desa juga sempat mengingatkan warga terkait penanganan wabah pandemi Covid-19.

"Tentu saja kita sekaligus melakukan sosialisasi atau memberikan pemahaman kepada masyarakatnya agar mau melakukan Vaksinasi Covid 19," ujar Kapolsek.

Lebih lanjut, bahwa hal itu dilakukan, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman pad warga, terkait pentingnya kekebalan pada tubuh serta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. 

"Apalagi sekarang, angka positif covid-19 di Dompu, saat ini mulai meningkat kembali," beber Kapolsek.

Oleh karena itu, saat patroli, Kapolsek bersama Personil dibantu Pemerintah Desa Nanga Tumpu, mengedukasi sekaligus mengajak warga terutama kedua belah pihak yang bertikai, untuk ikut vaksinasi. (Far)

SepekanMore