Iklan

Bantuan SosialKapolda NTBLintas NTBVaksinasi

Intip Aksi Kapolda NTB di Tengah Pemberlakuan PPKM di Kota Mataram

Dompu Siar
, Sunday, July 18, 2021 WAT
Last Updated 2021-07-19T05:33:07Z
Irjen Pol. Moh. Iqbal Saat Bincang
Dengan Pedagang Cilok, Foto: Ist 



Mataram, Dompu Siar - Untuk memastikan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Kota Mataram, Kapolda NTB,  Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.Si., terjun langsung melakukan pemantauan di lapangan sambil membagikan paket sembako kepada warga.

Melansir keterangan Kabid Humas Polda NTB, Kombes Artanto, S.I.K., M.Si dalam keterangannya menyebutkan, aksi spontan Kapolda di ruas Jalan Sriwijaya dan Jalan Bung Karno Kota Mataram dilakukan tepat di saat pemberlakuan PPKM Darurat Ahad (18/7/2021).

Dalam pelaksanannya, Kapolda secara pribadi mendatangi beberapa pedagang kaki lima (PKL), untuk membagikan paket sembako sembari memberikan imbauan agar mematuhi aturan selama PPKM Darurat.

"Dia berjalan menyusuri jalan Majapahit menuju jalan Bung Karno, di Kota Mataram membawa oleh-oleh sembako untuk Bapak, semoga bisa bermanfaat dan membantu dalam masa PPKM ini," kisah Artanto.

Lanjutnya, aksi humanis dilakukan sembari menyapa setiap warga yang dia temukan, terutama Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa mangkal di pinggir jalan menunggu pembeli.

Dalam perjalannya pula, kata Artanto, Kapolda bertemu dengan seorang pedagang cilok yang latah, namanya Ibu Sukini, kedatangan Iqbal sempat membuat Ibu Sukini kaget, namun setelah Iqbal menyapanya dengan senyum dan penuh candaan, suasana jadi cair, dan ibu Sukini tidak gugup lagi.

"Pak Iqbal memesan cilok dan menawarnya dengan harga lebih tinggi, cilok yang harganya 20 ribu dibayarnya dengan harga Rp. 300.000. Aksinya itu membuat Ibu Sukini terlihat bahagia dan haru," imbuh Artanto.

Selain itu, tak hanya menawar Bakso Ibu Sukini dengan harga lebih mahal, "namun juga Kapolda memberikan bingkisan berisi Sembako kepada Ibu Sukini sembari menghimbaunya untuk tetap bersabar dan selalu merapkan protokol kesehatan saat berjualan," beber Artanto.

Wajah Ibu Sukini terlihat semakin bahagia, setelah Iqbal membayar Cilok Ibu Sukini dan memberikan bingkisan kepadanya.
 

Sementara itu, Kapolda dalam keterangannya menyampaikan, PPKM darurat ini memang terasa sekali dampaknya di semua kalangan, termasuk warga dan pedagang.

"namun apa boleh buat pemberlakuan PPKM ini dilakukan untuk menyelamatkan seluruh masyarakat agar tidak terpapar Covid-19 atau virus baru Varian Delta," jelas Iqbal.

Iqbal menegaskan, situasi negara saat ini sedang tidak baik-baik saja dengan adanya wabah Covid-19 ini, dan diketahui bersama wabah Covid-19 tidak hanya melanda Indonesia saja namun juga seluruh dunia.

"Situasi negara sedang tidak baik-baik saja dikarenakan adanya Pandemi Covid 19. Jadi pemberlakuan PPKM Darurat ini sebenarnya guna menyelamatkan seluruh masyarakat agar tidak terpapar Covid 19," tegasnya.

Kapolda NTB bagikan Sembako

Dia berharap Corona Virus ini cepat menghilang dari muka bumi, agar kehidupan warga cepat pulih seperti sedia kala.

"semoga wabah virus ini segera selesai dan kehidupan kita normal kembali, selama virus ini masih ada, kami akan terus siap siaga membantu pemerintah menyelamatkan warga dari ancaman virus ini," pungkasnya.

Perwira Tinggi Polri bintang dua itu menjelaskan, PPKM Darurat di Kota Mataram diterapkan sesuai Instruksi Mendagri Nomor 20 Tahun 2021, di mana situasi negara saat ini sedang sulit dikarenakan Pandemi Covid-19.
 

"Jadi, pemberlakuan PPKM Darurat ini sebenarnya guna menyelamatkan seluruh masyarakat, agar tidak terpapar Covid-19," ungkapnya.

Mantan Kadiv Humas Polri itu juga berharap, dengan kepatuhan masyarakat dalam mematuhi aturan PPKM Darurat dapat menekan lonjakan kasus Covid-19. (Ma)

SepekanMore