Iklan

BabinsaInspirasiKoramil WojaRubrik Tokoh

Mengenal Lebih Dekat Sosok Babinsa Matua, Dari Tamtama Hingga Ke Konflik Israel-Libanon

Dompu Siar
, Thursday, July 22, 2021 WAT
Last Updated 2021-07-22T07:37:54Z
Serma Hurman, Babinsa Desa Matua


Rubrik Tokoh, Dompu Siar - Beliau adalah Serma Hurman, di balik kesederhanaannya, rupanya memendam kisah inspiratif tentang dinamika dan pengalaman hidup selama mengemban tugas sebagai anggota Tentara Nasional TNI Republik Indonesia.

Ditambah lagi dengan pembawaan diri yang supple, rendah hati, mengundang decak kagum warga sekitar tempat tinggalnya. 

Pun, salah satu anggota TNI Kodim 1614 Koramil 1614/ Koramil/01 Kabupaten Dompu NTB satu ini ternyata dilahirkan dari keluarga yang sangat sederhana dan tidak mampu.

Namun, dalam kisahnya yang berhasil dihimpun awak media, terungkap bahwa hanya dengan modal keberanian dan niat ingin bela negara, ia mencoba mendaftarkan diri ikut seleksi Tamtama TNI pada masa itu.

Ia mengaku, awalnya sempat urung untuk menjadi Anggota TNI, mengingat kondisi ekonomi yang kurang memadai, serba kekurangan.

"Jangankan uang untuk pendaftaran, untuk kebutuhan sehari-hari saja masih susah," ungkap Hurman, Rabu (21/7/2021) saat diwawancara oleh awak media di kediamannya. 

Akan tetapi, lanjutnya, dengan semangat, tekad kuat dan keyakinan yang terus tumbuh saat itu, iapun melanjutkan ke tahap awal pendaftaran. 

"Ini hasilnya," ujarnya singkat.

Dalam kisanya, Hurman menuturkan, Tahun 1991, usai menyelesaikan Tamat pendidikan Sekolah menengah pertama (SMA), ia merantau ke Timor-timur. 

"usai sekolah SMA dulu, saya mencoba merantau ke Tim-tim, selama satu tahun. Saat itu saya tinggal bersama keluarga dan hidup apa adanya," kisah Hurman.

Kemudian, berkat do'a dan dukungan dari keluarga terutama kedua orang tua saat itu, dirinya berhasil lulus.

"Alhamdulillah berkat Doa kedua orang tua  saya lulus dari Tamtama sebagai Anggota TNI pada tahun 1993 dan mengikuti pendidikan di Kodam lX Udayana Kota Bali Denpasar, 7 Bulan lamanya," imbuhnya. 

Selanjutnya, sambung Hurman, ia lanjut untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Kostrad Brigif Linud 18 di wilayah Jawa Timur.

"Setelah melewati berbagai bentuk latihan Ujian dan juga Tes sebagai Anggota TNI, saya sempat mengikuti berbagai perlombaan latihan dan tugas lainnya, dan berhasil keluar sebagai peserta terbaik," jelasnya.

Tidak berhenti di situ, pria yang saat ini berdinas di Koramil Woja itu rupanya pernah ditugaskan di lokasi rawan konflik.

"Saya pernah ditugaskan di berbagai daerah konflik seperti, di daerah Aceh, Ambon, Irian, Poso dan daerah rawan konflik lainnya yang ada di Indonesia. Selain itu juga, saya diberikan kesempatan untuk bertugas menjaga kedaulatan Negara, sebagai anggota Kontingen Garuda 23F dibawa naungan PBB dan menjalankan tugas misi perdamaian sengketa ke kedua Negara Israel-Libanon," paparnya.

Tidak lama setelah itu, beber hurman, setelah ditugaskan di Yonif Linud 502 Jawa Timur selama 2 (dua) tahun. Ia dipindahkan ke brigade selama beberapa tahun, kemudian dirinya mengikuti pendidikan sekolah Bintara, setelah lulus ia kemudian kembali lagi dari satuannya.

Serma Hurman, Babinsa Desa Matua


"Setelah semua saya lewati, saya pun kembali diberikan beberapa tugas dan jabatan dari kesatuan antara lain yaitu, Komandan Regu, Komandan Peleton Pandu Udara, Bintara Pelatih Kompi TPP salah satu satuan Elit yang ada di Jawa Timur dan kini Sekara kembali di pindah tugaskan di Satuan Teritorial Kewilayahan Kodim 1614 Koramil 01 sebagai Babinsa Desa Matua, seperti sekarang ini," urainya.

Walaupun mendapatkan sejuta pengalaman dan prestasi saat dirinya bertugas menjaga kedaulatan Negara, tidak membuat dirinya menjadi anggota yang sombong angkuh dan lain sebagainya. 

Pihaknya selama ini tetap menjadi anggota TNI yang sederhana ramah dan pribadi yang mudah beradaptasi juga membaur bersama masyarakat sosial yang ada sekitar.

"Saya bersyukur kepada Allah SWT, kedua orang tua dan istri saya, Karena berkat mereka saya dapat menjadi seperti ini, di samping itu juga saya berterima kasi kepada seluruh masyarakat kabupaten Dompu khususnya masyarakat Desa Matua, karena sudah memberikan kesempatan saya untuk dapat berbaur juga membantu saya menjalani tugas sebagai Anggota TNI sebagai Babinsa, TNl Bersama Rakyat," pungkas Hurman. (Tim)

SepekanMore