Iklan

AspirasiInspirasiKiriman PembacaKNPI Dompu

Peranan KNPI Terhadap Pembinaan Generasi Muda di Kabupaten Dompu

Dompu Siar
, Sunday, July 04, 2021 WAT
Last Updated 2021-07-05T05:12:37Z
Peranan KNPI Terhadap Pembinaan Generasi Muda di Kabupaten Dompu


Oleh : Taufikurrahman (Aba To'i)

Kiriman Pembaca, Dompu Siar - Berbicara soal Organisasi sebagai wadah pembentukan karakter, pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) tentu meliputi keberlangsungan kerja, Kegiatan yang berpotensi membangun semangat muda dan keselamatan generasi.

Peran penting pemuda bukan hanya sebagai pengembangan diri namun untuk pengembangan Orang di sekelilingnya dan Daerah itu lebih Urgen.

Di lihat dari Kabupaten Dompu Memiliki Organisasi Mitra Pemerintah sebagai penampung pemuda/inya sebut saja KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Dompu yg memiliki Legalitas untuk mengembangkan SDM-nya Pemuda/i Dompu. 

Pertanyaannya, keberhasilan apa yang di raih oleh KNPI kabupaten Dompu hari ini?

Sangat disayangkan terhadap teman-teman KNPI Kabupaten Dompu yang di mana lahirnya KNPI sebagai wadah yang merawat serta membina pemuda.

Tetapi, tugas mulianya tersebut belum terlihat di wajah pemuda lebih lebih pemuda yang ada di Kabupaten Dompu khususnya di tingkat Kecamatan lainya.

Padahal kemajuan pemuda sangat membutuhkan wadah dari KNPI sebagai induk dari pemuda yang mengakomodir untuk meningkatkan kualitas pemuda.

Sehingga pemuda-pemudi khususnya yang berada di wilayah dompu dan wilayah kecamatannya masing-masing mampu berkontribusi bagi daerahnya dalam menciptakan daerah yang 'mahsyur' dan lebih maju.

Sebab, berbicara kemajuan tentunya daerah harus memiliki aset yang besar untuk membawa daerah itu ke arah yang lebih maju.

Maka dari itu aset terbesar suatu daerah maupun negara itu hanya satu yaitu “pemuda-pemudinya” mari kita buka pandangan kita terkait keadaan pemuda-pemudi dari tahun ke tahun yang ada di Kabupaten Dompu.

Pemuda pemuda-pemudi Dompu memiliki SDM yang baik yang mampu bersaing dengan daerah-daerah lainnya terbukti dengan berbagai prestasi dan karya yang dibangun yang diraih melalui SDM yang dimiliki oleh pemuda-pemudi Dompu.

Lalu terlepas dari itu, semua tentunya ada gejolak yang dihadapi oleh pemuda Dompu bagaimana sekarang pemuda pemudi sedang berada pada fase yang membutuhkan perhatian.

Di berbagai kecamatan saja keadaan pemuda pemudi sekarang sudah tidak terawat karena didasari dengan berbagai faktor.

Seperti tidak ada perhatian lebih untuk pemuda pemudinya yang dimana melahirkan konflik sosial yang terjadi di ranah masyarakat seperti penyalahgunaan obat obat terlarang yang sedang carut marut bahkan suka membuat keonaran.

Tentunya hal hal seperti yang sedang di alami pemuda pemudi ini ada faktor yang mempengaruhi.

Dari survei ataupun pendekatan pribadi melalui pemuda pemudinya, ternyata hal hal demikian bisa terjadi pertama karena tidak ada binaan serta komunikasi yang masif terhadap pemuda pemudinya.

Lalu karena tidak ada nya support dan perhatian terhadap potensi dan skill pemuda nya sehingga karya dari hasil pemuda pemudinya tidak dilirik dan dikembangkan yang menyebabkan semangat turun untuk berkarya dan menciptakan hal positif yang mengorbitkan pemuda pemudi agar mampu berevolusi.

Bukan malah menjadi kaum yang menimbulkan keonaran dan kenakalan-kenakalan lainya.

Perihal di atas menjadi pertanyaan besar bagi kaum pemuda pemudi Dompu justru hadirnya lembaga KNPI ini menjadi salah satu tempat teduh kaum generasi namum membalikan keadaan sebuah pertanyaan khususnya pada KNPI Kabupaten Dompu. (Red)

SepekanMore