AspirasiBPDCamat ManggelewaDesa Anamina

Dinilai Bermasalah, Sejumlah Warga Anamina Datangi Camat Manggelewa, Minta Pil-BPD Ditunda

Thursday, August 5, 2021, August 05, 2021 WAT
Last Updated 2021-08-08T16:30:26Z
Sejumlah Warga Anamina Datangi Camat Manggelewa, Minta Pil-BPD Ditunda

Manggelewa, Dompu Siar - Sejumlah Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda dari Desa Anamina menggelar pertemuan di Aula Kantor Camat Manggelewa Kabupaten Dompu, Kamis (05/08/2021) sekira pukul 10.00 Wita.

Pantauan awak media ini di lokasi, warga yang hadir menyampaikan adanya dugaan ketidak ada transparansi pada pembentukan panitia dalam pemilihan BPD Desa Anamina, dan terkesan tidak sesuai prosedur.

Pada pertemuan tersebut, warga menuntut pihak camat agar sanggahan yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat ditindaklanjuti dengan mengeluarkan surat penundaan terhadap proses pemilihan BPD.

"Kami menginginkan agar proses ini di tunda dulu," ungkap Firmansyah, SH., perwakilan dari tokoh masyarakat setempat.

Firmansyah menjelaskan, jika pemilihan anggota BPD dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan sebelumnya, hal ini akan berbenturan dengan pelantikan Kepala Desa Terpilih beberapa hari lagi.

"Pelantikan Kepala Desa Terpilih akan dilaksanakan beberapa hari lagi, dikhawatirkan akan berbenturan," jelas Firman.

Oleh karena itu, kata Firman, pihaknya meminta agar pemilihan anggota BPD Anamina bisa di lakukan setelah dilakukan pelantikan Kepala Desa Terpilih oleh Bupati Dompu.

Lebih lanjut, menurut Firman, pembentukan Pansel Pemilihan BPD Desa Anamina juga harus dilakukan perubahan.

"Panitia juga harus dilakukan pembentukan ulang dengan melibatkan seluruh lapisan Masyarakat yang sesuai dengan Prosedur dan Peraturan Per-Undang-undangan, karena pembentukan yang sekarang dinilai cacat hukum," imbuhnya.

Sementara itu, di waktu yang bersamaan Camat Manggelewa, Drs. Ismail, dalam tanggapannya mengaku akan menampung semua aspirasi warga.

Sejumlah Warga Anamina Datangi Camat Manggelewa, Minta Pil-BPD Ditunda

"Apa yang disuarakan oleh bapak-bapak hari ini saya selaku Camat menerima semuanya dan Insya Allah sore ini juga saya akan melayangkan Surat Penundaan terhadap proses pemilihan BPD Kepada panitia yang terbentuk sebelumnya," ujarnya.

Meskipun dalam pertemuan tersebut agak sedikit tegang antara pihak camat dan Masyarakat namun keputusan yang di dengarkan bersama membuat kondisi ruangan kembali kondusif.

Setelah mendapatkan hasil keputusan pada pertemuan tersebut lalu sejumlah Masyarakat kembali pulang dengan menggunakan kendaraannya masing-masing. (Far)

SepekanMore