Iklan

Bupati DompuDompu BerjasaKader JaelaniKNPI DompuPemda DompuSedekah Oksigen

Buka Acara Sedekah Oksigen di Pekat, Bupati Dompu Kenalkan Dompu Berjasa

Dompu Siar
, Sunday, October 31, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-31T10:37:31Z
Buka Acara Sedekah Oksigen di Pekat, Bupati Dompu Kenalkan Dompu Berjasa



Pekat, Dompu Siar - Bupati Dompu, Kader Jaelani, menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Sedekah Oksigen yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 di Dusun Pancasila Desa Tambora Kecamatan Pekat, Sabtu (30/10/21) pukul 20.00 waktu setempat.


Di acara yang digelar oleh Lembaga Teduhi Bumi bekerjasama dengan KNPI Kabupaten Dompu itu Bupati Bupati juga memperkenalkan Program Dompu Berjasa, yakni Jum'at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat.


"Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak di daerah ini yang telah ikut berpartisipasi baik langsung ataupun tidak langsung, terutama kepada para pemuda kebanggaan daerah, sehingga pelaksanaan acara dengan tajuk sedekah oksigen ini dapat terlaksana dengan baik, aman, tertib dan lancar," kata Bupati dalam sambutannya, penuh bangga.


Kegiatan ini sendiri, tak lain untuk memotivasi masyarakat khususnya di Kabupaten Dompu, melalui gerakan menanam pepohonan sebagai salah satu upaya memelihara kelestarian hutan.


Foto-foto seputar pembukaan acara Sedekah Oksigen di Pekat, (Foto: Ist/Prokopim)


"Lewat pepohonan merupakan perwujudan kepedulian terhadap lingkungan, sekaligus mengawali gerakan sedekah atau zakat oksigen dengan harapan, pohon yang ditanam itu akan diproduksi oksigen yang sehat, yang berdampak positif pada metabolisme tubuh manusia," ujar Bupati haru.


Di moment ini pula, Bupati meminta, terutama kepada Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu serta semua elemen penting daerah tanpa kecuali.


"Untuk memulai gerakan menanami lingkungannya dengan pepohonan, agar menghasilkan banyak oksigen," tutur Bupati tegas.


Berikutnya, kepada semua hadirin, Bupati AKJ memperkenalkan program dan kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu yang selaras dengan upaya agar terwujudnya kelestarian alam secara berkesinambungan. 


"Selain memiliki program Jara Pasaka yang menjadi program unggulan daerah guna menghantar Dompu Mashur, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu juga telah melaunching Program Dompu Berjasa (Jumat Bersih, Sabtu Hijau, dan Minggu Sehat)," papar Bupati.


Bupati menjelaskan, Program Dompu Berjasa ini adalah sebuah gerakan membersihkan lingkungan secara masif di setiap Desa dan Kelurahan, Jumat Bersih, yaitu mendorong dan menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. 


Sedangkan, Sabtu Hijau, urai Bupati, yaitu gerakan menanam pohon di setiap lingkungan terutama pada sumber-sumber mata air dan penataan pekarangan.


"Kemudian Minggu Sehat, mengajak serta seluruh elemen masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan rajin berolahraga dan gerakan sanitasi berbasis masyarakat," terang Bupati.


Untuk diketahui, kegiatan sedekah oksigen ini akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 30 hingga 31 Oktober 2021.


Lebih lanjut, selain diisi dengan kegiatan menanam pohon juga dirangkaikan  dengan kegiatan kemah bakti pemuda, bazar produk UMKM lingkaran Tambora dan penganugerahan "KNPI AWARD" yang diprakarsai bersama dengan KNPI Dompu dengan nahkodanya, Syarifudin, S.Pd,.


Kembali pada Bupati, di akhir penyampaiannya, Bupati AKJ menghimbau seluruh elemen masyarakat Kabupaten Dompu untuk ikut mensukseskan program vaksinasi covid-19. 


"Lewat momen ini saya mengajak kita semua untuk ambil bagian mensukseskan program vaksinasi covid-19, tandasnya. Ditambahkannya, program vaksinasi covid-19 diperlukan untuk membangun "Herd Imunity", dan juga sebagai ikhtiar bersama dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona," tambah Bupati.


Informasi yang dihimpun awak media ini, Kegiatan berlangsung khidmat, aman, tertib dan lancar dengan mentaati prokes covid-19 yang ikut dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, Anggota Forkompimda, Sekda Dompu, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Dompu, Camat Pekat, Ketua KNPI Kabupaten Dompu dan elemen penting masyarakat lingkup Kecamatan Pekat. (Tim/Prokopim)

SepekanMore